Pemerintah Kota Surakarta
Petugas Pemkot Siaga 24 Jam Untuk Pemudik
  June 7, 2018 11:16

Untuk menciptakan suasana kondusif dan menghadirkan rasa nyaman bagi pemudik mejelang, saat, dan setelah lebaran, Pemerintah Kota Surakarta mengadakan Apel Bersama Pesiapan Jajaran Pemerintah dalam rangka pelayanan arus mudik dan arus balik lebaran 2018. Acara tersebut dilaksanakan di pelataran Stadion Manahan pada, Rabu (05/06) pagi.

Ratusan personel dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta diantaranya Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga Dinas Kesehatan (Dinkes) telah disiagakan sejak pukul 07.00 WIB.

Apel bersama dihadiri oleh Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo yang sekaligus bertindak sebagai pemimpin apel. Dalam apel tersebut, FX Rudy, sapaan akrab Wali Kota Surakarta, ingin memastikan bahwa jajarannya telah siap menyambut lebaran kali ini. Selain itu, FX Rudy juga memastikan armada yang akan digunakan untuk mendukung dan mengamankan arus mudik dan balik lebaran juga dalam keadaan prima.

“Prinsipnya semua pasukan harus siap mengamankan lebaran ini namun tidak hanya SDM-nya saja yang harus dipastikan siap tapi alat penunjang yang akan digunakan untuk mendukung pengamanan ini juga harus diperhatikan seperti kendaraan operasional. Namun tidak perlu khawatir karena saat ini semua kendaraan operasional yang akan digunakan dalam kondisi fit setelah sebelumnya dilakukan perawatan,” terang FX Rudy.

Selain itu, Pemkot Surakarta akan selalu berupaya hadir memberikan pelayanan penuh dan prima kepada para pemudik saat lebaran kali ini. Bahkan FX Rudy menjamin bahwa selama arus mudik dan arus balik, jajarannya akan selalu siaga di sejumlah titik yang telah ditentukan. Sehingga apabila masyarakat membutuhkan bantuan bisa segera ditindaklanjuti.

“Saya pastikan tidak ada petugas yang libur untuk melakukan penjagaan saat lebaran nanti. Terutama yang langsung berkaitan dengan pengamanan arus mudik dan balik seperti Dishub, BPBD, Dinkes, Satpol PP, Damkar dll, 24 jam mereka harus standby. Tapi nanti petugasnya kita gilir, juga saya instruksikan petugas untuk selalu aktif melakukan patroli. Kurang lebih ada 1000 personel yang akan kita siagakan nanti,” terang Pak Wali.

Pak Wali bahkan menegaskan tidak akan mengambil cuti saat arus mudik maupun balik Lebaran 2018. Dirinya justru akan melakukan pemantauan di sejumlah lokasi guna memastikan kondisi lalu lintas agar masyarakat yang sedang mudik bisa nyaman saat melintas di Solo. “Saya tidak akan ambil libur. Saya akan berkeliling untuk melakukan pemantauan arus mudik,” tutup Pak Wali.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta