Berkat Sila KIA, Dana Pendidikan Anak Lebih Terjamin

Suasana aktivitas pelayaan di kantor Dispendukcapil Kota Surakarta, Rabu (12/9/2018). Pemkot Surakarta bakal melengkapi Kartu Identitas Anak (KAI) dengan rekening bank yang mampu menyediakan dana pendidikan bagi pemilik kartu.

Pemegang Kartu Identitas Anak (KIA) di Solo berikut orang tua mereka boleh berbahagia. Tidak lama lagi Pemkot Surakarta bakal melengkapi kartu tersebut dengan rekening bank, yang mampu menyediakan dana pendidikan bagi pemilik kartu.

Simpanan Pelajar Kartu Identitas Anak (Sila KIA) merupakan inovasi terbaru Pemerintah Kota Surakarta, sebagai pelengkap fasilitas diskon belanja yang selama ini menjadi hak bagi pemegang KIA. ”Sesuai program Wali Kota, KIA tidak hanya berhenti sebagai kartu identitas semata. Sila KIA ini menjadi sarana pengembalian uang belanja yang diberikan dalam bentuk diskon dan dimasukkan dalam buku rekening tabungan anak. Dalam jangka panjang, uang pengembalian diskon itu bisa menjamin masa depan pelajar dan mengakselerasi kesejahteraan anak,” papar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surakarta, Suwarta.

Sejak diluncurkan Pemkot pada 2009 dengan nama Kartu Insentif Anak, hingga kini lebih dari 100.000 anak berusia dibawah 1 tahun sampai 17 tahun telah mengantongi KIA. Para pemegang kartu identitas itu berhak memperoleh rabat antara 5-50 persen untuk pembelian peralatan sekolah, kursus, layanan kesehatan dan olahraga, kuliner dan wisata di mitra Pemkot. Potongan harga diberikan saat pemegang KIA atau keluarga mereka menunjukkan kartu keanggotaan program itu, dalam setiap transaksi di 57 mitra KIA.

”Selama ini pengembalian diskon itu masih berbentuk uang tunai. Jadi bisa saja pemanfaatannya belum sesuai harapan pemkot, karena dipakai untuk keperluan lain oleh orang tua pemegang KIA. Sila KIA ini akan menampung pengembalian uang belanja dalam rekening khusus, agar nantinya uang itu bisa digunakan untuk menunjang kesejahteraan anak.”

Tercatat, sekitar 124.500 pemegang KIA yang duduk di bangku SD hingga SMA/SMK menjadi sasaran utama kepemilikan rekening tabungan pelajar itu. Adapun total anak yang menjadi target program KIA adalah 165.000 anak.

”Saat ini proses pembuatan KIA bagi pelajar sudah 75 persen dari target. Sisanya yakni 25 persen, akan diselesaikan hingga akhir 2018,” tegas Suwarta.

Jaminan atas tepatnya pemanfaatan tabungan pun diberikan Pemkot melalui sistem penarikan saldo tabungan. ”Setelah anak berusia 17 tahun, saldo baru bisa diambil dan dimanfaatkan untuk keperluan anak. Misalnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kalau sering belanja dan dapat diskon, tentu hingga anak berusia 17 tahun nilai saldo relatif besar,” ungkapnya.

Momentum Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018, terpilih sebagai saat yang tepat untuk meluncurkan inovasi anyar itu. ”Saat ini sosialisasi-sosialisasi Sila KIA terus kami lakukan. Kami juga sudah memilih tujuh sekolah sebagai pilot project penerapan Sila KIA, dan tidak menutup kemungkinan jumlah sekolah itu akan bertambah. Dispendukcapil juga terus berusaha menuntaskan kepemilikan KIA bagi seluruh anak di Solo,” kata Suwarta.

Hal-hal teknis pun terus dimatangkan seluruh pemangku kepentingan terkait. Termasuk kesiapan sistem transfer kelebihan uang belanjaan dari mitra KIA ke rekening yang dikelola Bank Negara Indonesia (BNI).

”Khusus diskon atas pembayaran non tunai, sistemnya sudah relatif siap. Yang masih perlu didiskusikan lebih lanjut adalah bagaimana jika transaksi itu dilakukan secara tunai,” ungkap Agus Triyono, Pemimpin BNI Kantor Cabang Surakarta.

Meski demikian, Agus meyakinkan jika sistem penampungan rabat dalam rekening Sila KIA bisa disempurnakan. Ia menambahkan, setiap pemegang KIA nantinya dibuatkan rekening Tabungan Simpanan Pelajar.

”Jadi pelajar atau orang tua mereka tinggal membayar sesuai harga produk di mitra KIA, lalu diskonnya akan langsung dikreditkan ke rekening anak. Setelah anak berusia 17 tahun, blokir rekening akan kami buka dan saldo bisa diambil atau dialihkan ke produk tabungan lain,” terang dia. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This