Pemerintah Kota Surakarta
Dandim 0735 Surakarta, Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila
  October 1, 2018 10:18

Senin, 1 Oktober 2018 bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Surakarta adakan upacara Hari Kesaktian Pancasila di Stadion Sriwedari. Upacara diikuti oleh jajaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta, Muspida Kota Surakarta, jajaran TNI/POLRI, para siswa-siswi tingkat SMP dan SMA se-Kota Surakarta.

Upacara dibuka dengan Tarian Dhadap Samber Nyawa persembahan dari Dinas Kebudayaan Kota Surakarta bekerjasama dengan SMK N 8 Surakarta. Tarian tersebut menggambarkan semangat kebersamaan dan ketangkasan prajurit putri dengan menggunakan dhadhap. Dhadap merupakan tongkat komando seorang prajurit dan sambernyawa adalah simbol keberanian menghadapi musuh. Penciptaan Tari Dhadhap Sambernyawa terinspirasi adanya sejarah zaman Mangkunegara I atau disebut Pangeran Sambernyawa untuk melawan kompeni, beliau memiliki pasukan putri bernama Prajurit Landrang Mangungkung.

Pada kesempatan ini, Kepala Komandan Distrik Militer 0735 Kota Surakarta sebagai inspektur upacara, Letnan Kolonel Inf Ali Akhwan. Beliau menyampaikan ikrar yang pada intinya kita sebagai warga negara Indonesia harus mempertahankan dan mengamalkan nilai pancasila untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan demi mewujudkan kesejahteraan serta keutuhan bangsa dan negara.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta