Solo Open 10K Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

Minggu (28/10/2018) Ribuan orang mengikuti “Solo Open 10K” yakni lomba lari marathon sejauh 10 km.

Kompetisi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Diikuti oleh pelari dengan jumlah peserta lebih dari 2500 orang dari berbagai penjuru tanah air. Rute yang dilewati dimulai dari Kantor DPRD hingga finish di depan Balaikota Surakarta, melewati overpass manahan untuk pertama kalinya.

Kompetisi lari marathon dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti TNI/POLRI/ASN, Pelajar Putra, Pelajar Putri dan Umum. Antusiasme warga masyarakat Surakarta dan luar kota dalam berpartisipasi sangat tinggi, terbukti tidak hanya kalangan pelajar tingkat SMP/SMA/Perguruan Tinggi tetapi dari kalangan siswa SD pun ada yang menjadi peserta lari marathon ini.

Pada kesempatan ini Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo menyampaikan bahwa 10 Km marathon ini sebagai salah satu awal untuk pembelajaran bagi Pemerintah Kota Surakarta pada umumnya dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga pada khususnya dalam menyelenggarakan kompetisi olahraga tingkat nasional.

“Semoga periode selanjutnya bisa dikelompokkan juga untuk anak-anak karena ajang ini salah satu tekat kami untuk memasyarakatkan olahraga dan me-olahragakan masyarakat. Hal ini salah satu syarat mempersatukan bangsa Indonesia terletak pada bidang olahraga,”

tambahnya.

Untuk juara kompetisi Solo Open 10K kategori pelajar putri diraih oleh Elviana juara I, pelari asal Nusa Tenggara Timur, juara II diraih Mely pelari asal Salatiga, juara III diraih Laila asal Blora.

Juara I kategori pelajar putra diraih oleh Ferda asal Jombang, Muhammad Ferdiansyah asal Semarang, Madi Suranto dari Salatiga.

Juara I kategori TNI/POLRI/ASN diraih oleh Riki dari Depok, Azhari asal Salatiga dan Sholeh asal Depok.

Juara I kategori umum putra diraih oleh Badwin asal negara Kenya, juara II oleh Anton Kasim dari Kenya dan juara III diraih Lel Kipchirihir dari Kenya.

Sedangkan Juara I untuk kategori umum putri diraih oleh Jemimah asal Kenya, Sintia Towet asal Kenya dan Irine Jeptoo dari Kenya.

Hadiah yang didapatkan untuk kategori umum, juara I mendapat uang 15 juta, juara II mendapatkan 10 juta, dan juara III mendapatkan 7,5 juta rupiah sedangkan untuk kategori pelajar dan TNI/POLRI/ASN juara I mendapatkan 10 juta, juara II mendapatkan 7,5 juta serta juara III 5 juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This