Pemerintah Kota Surakarta
Sistem Kerja Bendung Karet Tirtonadi
  January 30, 2019 18:00

Bendung Karet Tirtonadi menjadi salah satu ikon wisata baru di Kota Solo. Setiap hari selalu dikunjungi masyarakat untuk menikmati pesonanya. Jembatan inspeksi bendung dengan atap berkelok menjadi daya tarik ,yang sering dijadikan sebagai layar belakang foto.

Selain sebagai ikon wisata,Bendung Karet Tirtonadi berfungsi mengatur deviasi air di Kali Gajah Putih dan Kali Pepe Hulu. Bendung bermanfaat untuk menampung aliran air di dua sungai itu sekaligus bermanfaat mengendalikan banjir. Ada tiga komponen utama yang menyusun teknologi yang diterapkan di bendung itu,yakni gate panel (gerbang panel), air blader (kantong udara), dan protection fins (sayap pelindung).

Gate panel dan protection fins terbuat dari baja, sementara karet sintetis EPDM digunakan untuk air blader. Teknis pengoperasian bendung karet dimulai dari memompa air blader untuk mendorong gerbang panel berdiri sehingga menaikkan tinggi muka air (TMA). Sebaliknya, air blader dapat digemboskan untuk menurunkan TMA. Gerbang panel itu dapat dijalankan secara otomatis dan manual. Sistem otomatis didesain guna menjaga ketinggian air di hulu bendung.

Baja gate panel memiliki tebal 16 milimeter dengan tinggi 305 sentimeter saat pembendungan dan 32 sentimeter saat kondisi flat. Sedangkan air blader saat dipompa ketinggiannya mencapai 160 sentimeter dari semula 32 sentimeter.

Ketika musim kemarau, bendung ditutup untuk menampung air sungai. Daya tampungnya hingga 1 juta m3 dengan panjang 1,5 kilometer. Sementara pada musim penghujan akan dibuka dengan kapasitas pengaliran air 1.048 meter kubik per detik, atau lebih besar dari debit awal 390 meter kubik per detik.

Bendung Karet Tirtonadi di Kali Pepe Hulu dibangun agar dapat mengurangi risiko banjir seluas kurang lebih 110 hektare di Kecamatan Banjarsari. Sementara di daerah hilir akan mengurangi risiko banjir seluas kurang lebih 80 hektare di Pasar Kliwon dan Laweyan. Di samping itu, bendung juga dapat difungsikan untuk memenuhi kebutuhan air baku.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

43

Visitors today

19

Visits total

424,701

Visitors total

330,275

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta