Ngopi Serius, Santai Berlebihan

Fasilitas, sarana prasarana, kuliner dan apapun yang ada di Kota Solo tidak ketinggalan dengan kota-kota besar lainnya. Dalam hal ini adalah tentang kuliner dan tempat-tempat untuk bersantai. Pada zaman sekarang ini baru terkenal akan tempat nongkrong di kedai kopi yang menyajikan kopi non sachet (sajian kopi dibuat dengan cara manual), tidak hanya berada di pusat perbelanjaan saja tetapi ada juga di kedai milik perorangan. Salah satunya adalah “Ngopi Serius”.

Jika dilihat nama kedainya, namanya terkesan aneh. Orang yang masuk ke tempat ini seakan-akan orang yang serius sehingga dapat mengurangi kenyamanan dalam menikmati kopi dan bersantai tetapi kenyataannya sangat berbanding terbalik. Diberi nama kedai Ngopi Serius karena kopi yang disajikan memang didatangkan dari daerah penghasil kopi secara langsung seperti Toraja, Bengkuli, Bone, Sunda dan sebagainya. Tempatnya pun luas dengan arsitektur bangunannya bernuansa Jawa klasik. Pintu depan berupa gerbang dengan ukiran kayu ditambah dengan plang “Ngopi Serius Kopi Nusantara”.

Proses pembuatan kopi di “Ngopi serius” dimulai dari proses grinder atau penggilingan. Kopi digiling langsung saat pembeli memesan. Tentu saja ini untuk menjaga kualitas rasanya. Selanjutnya, kopi diseduh sesuai permintaan. Ada beberapa macam alat penyeduhan yakni Rok Presso, Syphon, V60, French Presh, dan Vietnam Drip.

Terdapat sekitar 40-an ragam jenis kopi yang dapat dinikmati oleh pembeli. Bagi yang menyukai rasa kopi asam dapat memilih kopi jenis Arabika sedangkan yang tidak terlalu suka asam dapat memilih kopi jenis Robusta. Untuk harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 50.000,- sangat cocok untuk pecinta kopi. Kedai Ngopi Serius lokasinya strategis dan mudah ditemukan yakni di belakang Rumah Sakit Kasih Ibu, Jl. Melati No. 7, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta. Buka mulai pukul 4 sore hingga pukul 12 malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This