Lampion di Pasar Gedhe Warnai Closing Ceremony SGS 2019

Di penghujung bulan Februari 2019, bertempat di Pasar Gedhe Surakarta akhirnya Solo Great Sale (SGS) 2019 resmi ditutup oleh Asisten Pengembangan Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah setelah digelar selama satu bulan penuh.

Gelaran acara yang bertajuk Closing Ceremony sekaligus pengundian hadiah SGS 2019 ini dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta beserta jajarannya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah Ibu Peni Rahayu, KADIN Jawa Tengah, KADIN Surakarta, Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Muspida Kota Surakarta dan elemen masyarakat yang hadir.

Berpadu dengan gemerlap lampion, acara disuguhi Tari Semarak Gebyar Belanja persembahan dari Dinas Kebudayaan Kota Surakarta di mana tarian ini menggambarkan gebyar gempita antusiasme masyarakat belanja bertepatan dengan event SGS, juga penampilan grup musik Romanz Pitu asal kota Bengawan.

Walikota dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo menyampaikan bahwa event SGS ini meruoakan salah satu indikator untuk mendorong kinerja ekonomi daerah Solo pada khususnya dan luar Solo pada umumnya. Beliau berharap SGS dapat memberikan manfaat untuk percepatan ekonomi masyarakat baik produsen maupun konsumen di Solo dan sekitarnya. “Semoga yang akan datang SGS menjadi salah satu unggulan di kalender wisata solo supaya bisa ditiru berbagai kota lain di lokal Jawa Tengah hingga tingkat nasional,” imbuhnya.

Adapun pada acara ini dilakukan pengundian hadiah berupa 10 dispenser, 10 kipas angin, 10 kompor gas, 10 blender, 10 sepeda gunung, 3 mesin cuci, 3 kulkas, 3 televisi, 5 sepeda motor, 1 mobil dan 1 unit rumah.

SGS yang diikuti ribuan tenant yang salah satunya pasar tradisional diberikan penghargaan hasil lomba dengan kategori pasar tradisional non tunai dan pasar terheboh. Kategori pasar tradisional diperoleh Pasar Cinderamata (juara III), Pasar Singosaren (juara II), dan Pasar Gedhe (jura III). Sedangkan kategori pasar terheboh diperoleh Pasar Depok (juara I), Pasar Bangunharjo (juara II), Pasar Klewer (juara harapan I), Pasar Tanggul (juara harapan II), dan Pasar Elpabes (juara harapan III).

Berdasarkan laporan ketua panitia penyelenggara Muhammad Farid Wijaya, SGS 2019 ini capaian perolehan telah melebihi target yang diprediksi sebelumnya yakni Rp. 611.672.969.078,- sedangkan target Rp. 600.000.000.000,-. “Saat ini pencapaian naik dibandingkan tahun lalu, paling tinggi diperoleh dari bidang transportasi dengan customer yang banyak dari luar Solo,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This