Pemerintah Kota Surakarta
Kesenian Jaran Dor, Ramaikan CFD
  April 14, 2019 07:29

Solo, Minggu, 14 April 2019 suasana pagi yang sejuk mengiringi geliat masyarakat Solo untuk mengikuti Car Free Day. Sebuah wahana wisata yang murah meriah ditengah Kota Solo. Banyak masyarakat yang menggunakan ajang ini untuk sekedar bersenda gurau, jalan-jalan bersama keluarga dan olahraga.

Terlihat diseputar pengadilan negeri Surakarta, rombongan dengan menggunakan pakaian yang khas serta alunan musik rampak yang menggugah orang untuk mendekat dan melihat. Ya, inilah kesenian yang telah lama tak pernah muncul, namanya Jaran Dor atau kuda lumping. Banyak pengunjung CFD yang antusias melihat dan memperhatikan setiap atraksi yang diperagakan, dari makan beling, sembur api hingga tarian dengan pecut.

“Kita kagum dan seneng saja, karena kesenian ini sudah jarang ditampilkan,” ungkap Ari salah seorang pengunjung dengan menggendong anaknya yang sedikit ketakutan. “Kesenian Jaran Dor, tidak semua orang bisa melakukan, karena banyak trik yang harus dilakukan dan latihan juga tidak sebentar,” kata Bagus salah seorang pemain.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta