Peringati Hari Kartini, Pemkot Surakarta Laksanakan Upacara

Senin (22/4/2019) Pemerintah Kota Surakarta melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kartini yang ke- 140 di Halaman Balaikota Surakarta.

Turut hadir Walikota dan Wakil Walikota, seluruh ASN Kota Surakarta, Dharma Wanita, PKK, jajaran Muspida Kota Surakarta dan BUMN yang ada di Surakarta. Upacara kali ini tepah mengedepankan emansipasi wanita karena beberapa pegawai wanita berperan menjadi petugas upacara.

Upacara diawali dengan Tari Dharma persembahan Dinas Kebudayaan, yang menggambarkan bahwa manusia utamanya wanita dituntut untuk bersosial di jajaran masyarakat, sebagai wujud emansipasi wanita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Kentis Ratnawati selaku pembina upacara menyampaikan sambutan Walikota bahwasanya wanita harus bisa berjuang dengan tidak terus menerus bergantung pada pria, mengingat pentingnya peranan wanita dalam berkehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. “Jangan hanya pada saat hari kartini saja kita menampilkan karya, tetapi harus berjuang dan bercitra terus menerus. Kita harus bisa mencontoh RA Kartini, mari kita tingkatkan kualitas pendidikan dan kualitas diri untuk mewujudkan bangsa yang mandiri, maju dan sejahtera,” terangnya.

Sebelum upacara diakhiri, diserahkan penghargaan Simulasi penanganan kekerasan dalam rumah tangga dan pengelolaan terbaik pos pelayanan terpadu kepada kelurahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This