Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Surakarta, Dolanan Anak Tempo Dulu Harus Dilestarikan
  July 28, 2019 08:30

Anak-anak terlihat ceria dan antusias mengikuti gelaran budaya dolanan tempo doeloe. Dalam kesempatan ini seluruh masyarakat Kelurahan Kratonan dan sekitarnya terlihat guyub rukun, bangun persatuan dan kesatuan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

Dalam rangka membangun kecintaan anak terhadap budaya leluhur bangsa khususnya Dolanan Tempo Doeloe Sirnaning Budhi Candhala serta membingkai perbedaan agar tetap terjalin rasa kebersamaan, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kelurahan Kratonan Kecamatan Serengan menggelar budaya dengan tema “Merajut Perbedaan dalam Keceriaan Anak Indonesia” di sepanjang Jl. Gatot Subroto (perempatan sraten hingga perempatan notosuman), Minggu (28/7/2019).

Dolanan Tempoe Doeloe mengambil judul Sirnaning Budhi Candhala yang menggambarkan bahwa kejahatan akan selalu sirna dengan adanya kebaikan, ketidakjujuran akan sirna dengan kejujuran.

Walikota FX. Hadi Rudyatmo berpesan bahwa dolanan tempo doloe harus tetap dilestarikan anak-anak Surakarta diantaranya cubla-cublak suweng, lir-ilir, nekeran (kelereng), egrang, jamuran dan sebagainya. Karena dolanan tersebut memiliki filosofi dan makna yang baik.

Janganlah perbedaan menjadi satu alasan untuk tidak bersatu. Janganlah perbedaan menjadi satu alasan untuk tidak bermain bersama. Jadikanlah perbedaan menjadi satu ikatan keutuhan baik dalam hal bermain, bersosialisasi bagi anak-anak khususnya anak Indonesia.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta