Pengucapan Sumpah Jabatan Anggota DPRD Kota Surakarta Masa Bakti 2019 – 2024

Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Surakarta masa bakti 2019 – 2024 mengucapkan sumpah janji pada acara Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta di Gedung DPRD Kota Surakarta, Rabu (12/8/2019). Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Surakarta. Selanjutnya, Walikota Surakarta menyematkan pin anggota DPRD satu per satu.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Walikota Surakarta, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan selamat kepada seluruh anggota yang dilantik. Gubernur juga berpesan kepada anggota yang dilantik untuk selalu memegang teguh integritas dan sumpah janji yang telah diucapkan.

Secara khusus, gubernur juga berpesan kepada anggota yang baru menjabat untuk pertama kali agar memahami secara utuh tugas yang diembannya. Bagi anggota yang sebelumnya telah menjabat, gubernur juga berpesan agar langsung gaspol untuk melaksanakan tugasnya.

Selanjutnya, gubernur meminta kepada wakil rakyat Surakarta untuk mengembangkan program yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah. Pengentasan kemiskinan dan pemberian akses pendidikan bagi masyarakat miskin hendaknya menjadi perhatian utamanya. Untuk itu, perlu sinergitas harmonis antara legislatif dan eksekutif dalam perencanaan anggaran ke depan.

Di akhir pembacaan sambutan, Walikota Surakarta juga berpesan kepada anggota DPRD yang baru dilantik bahwa Gedung DPRD adalah tempat untuk melayani. Bukan sebagai tempat untuk mencari materi maupun jabatan.

“Disini adalah tempat untuk melayani, melayani, dan melayani. Bukan tempat untuk mencari duit dan jabatan. Oleh karena itu, saudara-saudara memiliki tanggung jawab yang besar untuk memajukan Kota Surakarta,” tutur Walikota.

Sebelum pelaksanaan tata cara pengucapan sumpah janji, terlebih dahulu disuguhkan Tari Paksi Wiratama di halaman gedung DPRD. Tari ini disajikan oleh siswa-siswi SMKN 8 Surakarta pimpinan Ibu Sri Ekowati, S.ST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This