Pemerintah Kota Surakarta
E-Retribusi Pasar nantinya juga untuk Hotel dan Restoran
  October 1, 2016 05:14

Sabtu (1/10) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Bank Tabungan Negara (BTN) secara resmi meluncurkan penerapan program elektronik retribusi (e-retribusi) untuk Pasar Gede Hardjonagoro dan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan di lapangan parkir sisi barat Pasar Gede.

Direktur Utama BTN, Maryono, berharap nilai retribusi juga akan meningkat. E-retribusi akan meningkatkan efisiensi dari pemkot sehingga dana yang masuk bisa dimaksimalkan untuk pembangunan. E-retribusi menjadi salah satu upaya untuk mengurangi transaksi tunai.    Menurutnya, program pembayaran secara elektronik itu akan menyajikan keterbukaan, efisiensi dan keakuratan bagi pemerintah daerah.

Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, mengatakan e-retribusi memiliki beberapa tujuan seperti membangun kepercayaan pedagang kepada pemerintah, efisiensi karcis retribusi, efisiensi waktu, mengajak pedagang berhubungan dengan perbankan.

E-retribusi akan diberlakukan tak hanya di seluruh pasar tradisional, tetapi pedagang kaki lima (PKL) yang bertempat di shelter, hotel dan restoran.

Rudy menghimbau para pedagang agar tidak menganggap sistem baru bakal menyusahkan mereka. Pelaksanaan E-retribusi akan dievaluasi setiap tiga bulan, kita harus berani ubah perilaku untuk lebih baik.

Rudy mengatakan hotel dan restoran juga akan diberlakukan [e-retribusi] supaya dapat diketahui dengan pasti pemasukannya. Kalau semua ini bisa pakai elektronik, kepercayaan akan muncul, kedepannya pertumbuhan ekonomi bisa lebih baik.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta