Pemerintah Kota Surakarta
Pembangunan Kependudukan di Surakarta Dinilai yang Terbaik
  April 13, 2016 00:29

Pembangunan Kependudukan yang dilakukan Pemerintah Kota Surakarta dinilai terbaik di Indonesia. Penilaian tersebut dilakukan Majalah SINDO Weekly yang menggelar Governmant Award SINDO Weekly 2016. Atas kinerja yang ditunjukkan, Pemerintah Kota Surakarta mendapatkan penghargaan yang diserahkan  Menteri PPN/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil di Jakarta, Selasa (12/04/2016) silam.

Governmant Award SINDO Weekly 2016 merupakan keempat kalinya diselenggarakan. Sebuah tim yang diketuai Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sudarsono Hardjosoekarto, melakukan penilaian terhadap daerah-daerah yang dipandang berprestasi dan insipratif. “Surakarta dinilai untuk kategori pembangunan kependudukan,” kata Suwarta, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta.

Metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi Sindo Weekly menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.  Tim kemudian melakukan observasi ke daerah yang menjadi nominator. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang.

Menurut Suwarta, ada  lima dimensi dalam pengukuran Indeks Pembangunan Berwawasan Kependudukan (IPBK) yang dilakukan. Disebutkan dimensi yang pertama adalah dimensi partisipasi, baik partisipasi di bidang pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi. Kemudian dimensi yang kedua adalah keberlangsungan kebijakan yang disarikan dari prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dimensi ketiga adalah pemihakan atau pro rakyat. Kemudian yang keempat adalah dimensi integrasi yang mewakili prinsip bahwa data-data kependudukan adalah dasar utama bagi perencanaan kependudukan dan harus menjadi bagian integral dari perencanaan pembangunan. Kelima, dimensi kesetaraan untuk melihat apakah pembangunan sudah mengusung kesetaraan kepentingan baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Selain kategori Pembangunan Kependudukan, ada 17 kategori lain yang diberikan dalam Goverment Award SINDO Weekly tahun ini. Sebanyak 16 kota, 17 kabupaten dan lima propinsi yang terpilih sebagai penerima penghargaan. “Penghargaan ini merupakan jerih usaha yang dilakukan seluruh aparatur sipil negara di Pemerintahan Kota Surakarta. Sebagai walikota saya mengucapkan selamat,” kata Walikota FX Hadi Rudyatmo.

Penghargaan yang secara fisik berupa piala tersebut, diperlihatkan Walikota FX Hadi Rudyatmo kepada seluruh jajaran ASN usai Upacara Memperigati Hari Kartini, di Halaman Balaikota Surakarta, Kamis (21/4/2016). Walikota menyerahkan penghargaan tersebut kepada Kepala Dispendukcapil Kota Surakarta, Suwarta. “Saya berharap seluruh ASN meningkatkan kinerjanya untuk terus meraih prestasi yang manfaatnya dapat dirasakan seluruh masyarakat Kota Surakarta,” tandas walikota.

Saat menyerahkan Goverment Award SINDO Weekly, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil berpesan agar kepala daerah terus berinovasi dan berprestasi di berbagai bidang. Menurutnya, kepemimpinan kepala daerah sekarang merupakan buah demokrasi. ”Dengan demokrasi ada sirkulasi kepemimpinan. Ide-ide yang bagus lahir di daerah,” ujarnya.

Sofyan berharap pemberian SINDO WEEKLYGovernment Award 2016juga  dapat memacu kerja kepala daerah lebih baik lagi di masa akan datang.  Penghargaan semacam ini, kata Menteri Sofyan, diharapkan akan menjadi contoh sehingga makin banyak kepala daerah yang berprestasi. Sementara Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengungkapkan, sistem otonomi daerah saat ini harus digunakan kepala daerah untuk memunculkan kreativitas masing-masing.

Daerah tidak bisa stagnan terutama karena Indonesia telah memasuki era perdagangan bebas. Karena itu ke depan, daerah bahkan diharapkan tidak lagi bersaing di lingkup lokal, namun regional bahkan internasional.  ”Kita ingin walikota tidak disandingkan lagi dengan kota di Indonesia, tapi bersaing dengan kota di Malaysia, Filipina, itulah keberhasilan,” kata Irman ketika menyampaikan sambutan dalam acara SINDO WEEKLY Government Award 2016. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

8

Visits total

425,337

Visitors total

330,671

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta