Pemerintah Kota Surakarta
PPK Pedaringan Raih Penghargaan TOP BUMD 2016
  May 5, 2016 00:45

Pemerintah Kota Surakarta kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Kali ini penghargaan yang diterima adalah TOP BUMD 2016 dan TOP PEMBINA BUMD 2016. Dua penghargaan tersebut diberikan oleh majalah Bussiness News Indonesia yang berkerja sama dengan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Perusahaan Daerah Pusat Pergudangan Kota (PPK) Pedaringan terpilih sebagai penerima  TOP BUMD 2016 untuk kategori sektor binis. BUMD yang digawangi Chriswanto Tri Santosa tersebut berhak mendapatkan TOP BUMD ANEKSA USAHA 2016. Sementara Walikota FX Hadi Rudyatmo diganjar penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2016 .

Menurut Ketua Dewan Juri TOP BUMD 2016, Laode M Kamaludin ada sekitar 2.000 BUMD di seluruh Indonesia yang disurvey sebelum dinominasi menjadi 200 BUMD. Dari 200 yang dinilai dewan juri, terpilih 50 BUMD, dengan tiga kategori yakni sektor bisnis, all sektor dan kategori khusus (achievment). Di kategori sektor binis dikelompokkan menjadi Top BPD, Top BPR dan dan Top PDAM.

“Fokus penilaian dewan juri adalah achievment atau prestasi dan improvement atau peningkatan yang dilakukan BUMD dalam satu hingga dua tahun terakhir. Sedangkan TOP Pembina BUMD diberikan kepada kepala daerah yang BUMD dibinanya, berhasil meningkatkan kinerja dan meraih penghargaan TOP BUMD 2016, mengingat keberhasilan BUMD tidak terlepas dari dukungan dan pembinaan Kepala Daerahnya.,” kata Laode yang juga mantan Ketua Forum Rektor Indonesia tersebut.

Walikota FX Hadi Rudyatmo dan Direktur PPK Pedaringan Chriswanto Tri Santosa menerima penghargaan tersebut Kamis 5 Mei 2016 lalu. Penghargaan itu diserahkan Kepala Litbang Kebijakan Usaha Industri Kementrian Perindustrian RI, Made Dharma Hartana. “Penghargaan ini merupakan apresiasi atas kerja keras yang kita lakukan sekaligus sebagai dorongan untuk terus meningkatkan kinerja agar menjadi lebih baik lagi,” kata Walikota FX Hadi Rudyatmo seusai menerima penghargaan.

Pada kesempatan itu, Ketua Penyelenggara TOP BUMD, M Lutfi Handayani, mengatakan ajang kompetisi TOP BUMD dihelat setiap dua tahun sekali. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD dan CEO BUMD terbaik di Indonesia. “Yang lebih diutamakan dalam penilaian adalah kinerja, inovasi dan terobosan yang telah dilakukan pada tahun 2014-2015,” ujarnya.

Mengenai kategori TOP PEMBINA BUMND, Lutfhi mengatakan kategori ini diberikan kepada Gubernur, Bupati, Walikota yang notabene merupakan embina BUMD di daerahnya. Pemberian penghargaan terhadap kepala daerah ini didasarkan peran dan interaksi kepala daerah yang turut menentukan berhasil-tidaknya pengelolaan BUMD di daerah. Jika kepala daerah  mampu mendukung dan memberikan ruang serta peluang kepada BUMD untuk selalu berkembang, maka BUMD tersebut akan memiliki daya saing dan kinerja yang tinggi.

“Jadi, penghargaan TOP PEMBINA BUMD diberikan kepada kepala daerah yang BUMD menjadi binaannya meraih penghargaan BUMD Terbaik,” ujarnya. Selamat bagi PPK Pedaringan, semoga penghargaan ini juga akan memacu BUMD milik Kota Surakarta untuk menunjukkan prestasinya. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,152

Visitors total

330,553

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta