Pemkot Solo Kembali Raih WTN Kencana ke-10 Kalinya

Pemkot Surakarta atau akrab disebut Kota Solo membukukan prestasi besar pada awal tahun. Untuk yang kesepuluh kali secara berturut-turut, Solo memperoleh penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat dalam bidang penataan lalu lintas di kota besar, yaitu Wahana Tata Nugraha (WTN) Kencana.

Penghargaan tersebut diserahkan hari ini oleh Wapres Jusuf Kalla kepada Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Istana Wapres, Jakarta. WTN diberikan kepada Kota Solo karena dinilai berhasil menata transportasi dan lalu lintas kategori kota besar dan memiliki kinerja baik dalam pengelolaan sistem transportasi kota.


“Manajemen lalu lintas, manajemen parkir, dan pengelolaan terminal menjadi poin penting keberhasilan Solo meraih WTN Kencana. Penilaiannya meliputi administrasi, tinjauan lokasi, dan komitmen yang diwujudkan dalam kebijakan kepala daerah dalam mengelola manajemen lalu lintas,” papar Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno.

Hal lain yang mendapat apresiasi khusus dan meningkatkan penilaian, kata Hari, adalah upaya rekayasa lalu lintas berupa penerapan sistem satu arah (SSA) di Kota Solo. Sedangkan untuk mempertahankannya, ke depan Pemkot Surakarta akan segera melakukan peremajaan angkutan umum agar lebih nyaman. Saat ini, lanjut Hari, Pemkot sudah membentuk konsorsium pengusaha angkutan dalam wadah koperasi Batik Solo Trans (BST).

“Untuk rekayasa lalu lintasnya cukup baik, pembenahan terus dilakukan,” kata FX. Rudy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This