Pemerintah Kota Surakarta
Taman Cerdas di Surakarta Bakal Bertambah
  February 11, 2017 13:30

Terbukti keberadaannya turut menunjang ruang untuk kegiatan kreatif dan rekreatif di luar sekolah, Pemerintah Kota Surakarta bakal menambah Taman Cerdas. Pada tahun 2017 ini, setidaknya dua taman cerdas baru bakal dibangun. Selain itu, dua taman cerdas yang sudah lebih dahulu eksis akan mendapatkan tambahan fasilitas fisik dengan kucuran dana melalui APBD Tahun 2017 .

Ketua Komisi I DPRD Budi Prasetyo membenarkan adanya alokasi anggaran y ang totalnya mencapai Rp 8 miliar untuk pembangunan taman cerdas. Dia merinci, anggaran tersebut dipergunakan untuk membangun dua taman cerdas baru yakni di Kelurahan Bumi dan Kelurahan Kratonan, masing-masing Rp 2,1 miliar dan Rp 1,5 miliar.

“Sedangkan untuk Kelurahan Semanggi dan Kelurahan Jebres merupakan penambahan fasilitas,” ujarnya, Sabtu (11/2/2017).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Widdi Srihanto mengatakan keberadaan taman cerdas sangat mendukung dalam upaya Kota Surakarta menuju Kota Layak Anak.  Dari evaluasi yang dilakukan Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak, Surakarta menjadi salah satu kota dengan peringkat tertinggi dalam hal penyediaan fasilitas untuk anak. “Salah satunya ya karena ada taman cerdas,” ujarnya.

Saat ini, sudah sembilan kelurahan yang memiliki taman cerdas. Taman cerdas yang biasanya dibangun di daerah yang dekat dengan pemukiman padat penduduk agar mudah diakses oleh anak-anak yang di lingkungannya tidak memiliki ruang terbuka. Taman cerdas juga dikelola tenaga profesional dengan beragam fasilitas untuk bermain sekaligus belajar.

Hampir seluruh taman cerdas yang ada menyediakan beragam alat permainan tradisional, taman bacaan, hingga piranti IT.  Bahkan di Taman Cerdas Jebres yang menjadi rujukan  hingga tingkat nasional memiliki stasiun radio yang diberi nama Radio Konata atau Radio Komunias Anak Surakarta.  “Di Radio Konata, penyiarnya anak-anak. Kontennya lebih banyak untuk anak-anak meski juga ada yang ditujukkan ke orang tua tetapi tetap berkaitan dengan dunia anak,” kata pengelola Taman Cerdas Kelurahan Jebres, Hadi Sapto,

Lurah Bumi Herwin Tri Nugroho Adi mengatakan proyek pembangunan taman cerdasi di wilayahnya direncanakan berlokasi di Kampung Kabangan RT 005/RW 004 seluas setengah hektare. Menurut dia, Pemerintah Kelurahan Bumi telah menyusun detail engineering design [DED] taman cerdas tersebut. “Rencananya dua tahap, yang pertama untuk pembangunan panggung terbuka karena di Bumi banyak sekali kelompok kesenian anak-anak,” ujarnya.

Jika terbangun secara utuh, Taman Cerdas Bumi mirip atau semacam sebagai miniatur Taman Balekambang. Jika tahap pembangunan pertama selesai, rencana selanjutnya adalah membuat ruang teknologi informasi, perpustakaan, dan landskap. “Mudah-mudahan tidak hanya berhenti pada pembangunan tahap pertama atau tahun ini saja,” kata dia.

Sementara itu, Lurah Jebres Sulistyarini mengatakan tambahan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk Taman Cerdas Jebres bakal dipergunakan untuk membangun patung robot, dinosaurus, lukisan 4 dimensi dan air mancur menari.     Dengan tambahan fasilitas tersebut, Taman Cerdas Jebres akan semakin lengkap dan memikat anak-anak, tidak saja dari Jebres tetapi juga dari berbagai daerah. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta