Pemerintah Kota Surakarta
Ini yang Dilakukan dalam TMMD Sengkuyun I
  April 6, 2017 16:13

Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung kembali digulirkan. Program yang membuktikan bersatunya TNI/Polri dengan masyarakat di Kota Surakarta tersebut diwujudkan dengan membangun sejumlah fasilitas umum. Rabu (5/4/2017) di Halaman Detasemen Peralatan (Denpal) Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Wali Kota FX Hadi Rudyatmo membuka Program TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2017.
Sekitar 300 peserta dari berbagai kalangan bahu membahu mengerjakan sejumlah proyek fisik yang langsung bersentuhan dengan permasalahan masyarakat. Menandai pelaksanaan program ini, Wali Kota FX Hadi Rudyatmo menyerahkan peralatan kerja berupa cangkul dan sekop kepada peserta yang secara simbolis diterima anggota TNI dan perwakilan Linmas. Wakil Wali Kota Achmad Purnomo menabuh kentongan sebagai tanda dimulainya kerja bakti.
“Program TMMD ini adalah bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita hari ini. tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah saja tetapi kita semua mesti bersinergi serta bekerjasama bersama rakyat untuk menyelesaikan persoalan bangsa tersebut,” kata wali kota saat memberi sambutan.


Wali kota mengatakan TMMD merupakan bagian dari upaya bersama untuk menanggulangi kemiskinan. Disebutkan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan tersebut adalah dengan menyediakan papan atau tempat tinggal yang layak huni. Menurut Wali Kota Rudyatmo, sampai saat ini warga di Kota Surakarta yang menempati rumah tidak layak huni masih ada sekitar 13.00 kepala keluarga. “Kami (Pemkot) akan melakukan koordinasi dengan TNI serta elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan perbaikan RTLH,” katanya.
Perbaikan RTLH tersebut tidak hanya sekadar melakukan renovasi rumah tinggal, tetapi juga kawasan lingkungan sekitar perlu dibenahi. Penyediaan jamban komunal agar masyarakat tidak lagi BAB sembarang dan memulai perilaku hidup bersih dan sehat menjadi bagian dari penanggulangan kemiskinan. “Kita ajak kalangan swasta melalui dari corporate social responsibility untuk membantu perbaikan RTLH,” kata wali kota.
Pada Tahap I TMMD Sengkuyung 2017 ini, sasaran program di antaranya adalah pavingisasi jalan di Rt 3 Rw 3 Kampung Baru, normalisasi saluran air dan pavingisasi di Rw 2 Kampung Baru.
Normalisasi saluran air di samping Kantor Kelurahan Kampung Baru, dan pengembalian fungsi taman sebagai lahan hijau. Program TMMD Sengkuyung I akan berlangsung selama 30 hari. “Program perbaikan RTLH itu sangat positif dan kita siap mendukung serta membantu,” kata Dandim 0735/Surakarta, Letkol Inf Edwin Apria Candra. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta