Pemerintah Kota Surakarta
Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi Kota Solo
  February 15, 2017 16:27

Tahun ini, Kota Solo memasuki usianya yang ke-272. Sejumlah acara sudah dipersiapkan untuk menyambut hari jadi tersebut. Beberapa di antaranya adalah Festival Jenang yang bakal dipusatkan kawasan Ngarsapura, tepatnya di depan Pasar Triwindu, tepat di hari jadi Kota Solo, Jum’at 17-2-2017 dan dilanjutkan dua hari sesudahnya.

Puluhan menu masakan jenang dari berbagai daerah akan disajikan. Pada tahun ini, kegiatan ini yang menjadi bagian dari ungkapa rasa syukur mengambil tema  Pesona Jenang Nusantara. Sebanyak 17 ribu takir (piring dari daun pisang) jenang dipersiapkan.

Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dijawalkan hadir untuk membuka acara sekaligus akan menjadi salah pelayan yang menyediakan jenang. Sebagai pelayan yang bertugas membagi-bagikan ribuan jenang, Wali kota akan ditemani Wakil Wali Kota Achmad Purnomo dan pejabat lainnya.

Sebelum Festival Jenang Nusantara dibuka, terlebih dahulu digelar Upacara Hari Jadi Kota Solo, yang dipusatkan di Stadion Sriwedari. Uniknya, seluruh peserta upacara tersebut akan mengenakan pakaian tradisional Jawa. Termasuk, perangkat upacara mulai dari inspektur (wali kota), komandan upacara dan sebagainya. Bahasa yang digunakan juga bukan Bahasa Indonesia, melainkan Bahasa Jawa

Tak  hanya itu, upacara tersebut juga bakal menyuguhkan sebuah fragmen tari yang diberi judul Tunggal Karsa Ambangun Praja. Pemain Wayang Orang Sriwedari yang selama ini dalam binaan Dinas Kebudayaan Kota Surakarta yang akan memainkannya. Fragmen yang bercerita tentang pentingnya kebersamaan untuk membangun kota tersebut menjadi awal pelaksanaan upacara.

Seusai upacara bakal diarak 272 gunungan jenang dari lokasi menuju ke Ngarsopuro, yang menjadi titik sentral Festival Jenang. Seluruh peserta upacara bakal mengiring kirab jenang tersebut.

Kirab Boyong Kedhaton Adeging Kutha Sala

Keesokan harinya, Sabtu (18/2/2017) Kirab Boyong Kedhaton Adeging Kutha Sala. Kirab yang berlangsung mulai dari Pasar Ngarsopuro sampai di Koridor Jenderal Sudirman ini akan menjadi puncak peringatan Hari Jadi Kota Solo ke-272.

Tidak kurang dari 135 penari, 35 musisi profesional dan 755 personel pendukung bakal terlibat untuk menopang pagelaran akbar tersebut. Kirab ini menggambarkan proses perpindahan ibukota Mataram dari Kartasura ke Desa Sala, yang menjadi cikal bakal Kota Solo atau Surakarta.

Di dalam kirab, bakal disajikan berbagai fragmen atau penggalan-penggalan kisah saat perpindahan ibu kota kerajaan 272 silam. Fragmen tersebut diambil dari kisah-kisah y ang tertulis pada naskah-naskah kuno. Karena itu, jangan kaget jika di tengah-tengah kirab tiba-tiba tergambar fragmen peperangan antara pasukan kumpeni dengan prajurit keraton dibantu prajurit Cina.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta