Terminal kebanggaan warga Solo, Tirtonadi, saat ini sudah dilengkapi sistem pembelian tiket berbasis elektronik atau e-ticketing. Hal ini merupakan perkembangan positif pasca renovasi fisik terhadap terminal tipe A tersebut.
Sistem elektronik tersebut memudahan para penumpang dalam memperoleh tiket bus. Jika biasanya pembelian tiket bus dilayani melalui loket-loket perusahaan otobus (PO) yang tersedia di terminal, kini pembelian tiket dilayani secara terintegrasi dengan Terminal Tirtonadi Solo. Tiket bus juga dapat dibeli melalui Payment Point Online Bank (PPOB), aplikasi di ponsel cerdas (smartphone), hingga pembelian di mini market.
Para penumpang dapat memilih PO bus, tujuan, hingga waktu keberangkatan yang diinginkan. Pada loket pembelian tiket, penumpang akan dilayani oleh petugas terminal, dan akan diminta menunjukkan kartu identitas untuk data manifes penumpang.
“Pembelian tiket sudah menerapkan e-ticketing, itu sudah hampir sama dengan naik pesawat,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/2/2017).
Pudji memiliki tiga catatan terkait kondisi terkini Terminal Tirtonadi Solo. Pertama, terminal dalam kondisi yang tertib. Kedua, penerapan tiket elektronik perlu disempurnakan antara kantor PO dan pengelola terminal. Ketiga, situasi dari kebersihan terjaga dengan baik.
Sebelumnya, Terminal Tirtonadi telah menjadi terminal bus percontohan yang menggunakan sistem tiket elektronik.(*)