Pemerintah Kota Surakarta
Media Layanan Perizinan Berbasis Teknologi Informasi Pemkot Surakarta
  June 2, 2017 15:25

DPMPTSP Kota Surakarta sebagai lembaga penyelenggara pelayanan perizinan di Kota Surakarta, baru-baru ini telah meluncurkan media informasi layanan perizinan berbasis teknologi informasi. Media-media tersebut terbagi dalam tiga teknologi informasi, yang pertama adalah media website Resmi DPMPTSP. Fitur yang telah dikembangakan dalam website adalah Kalkulator Izin dan Status Proses Perizinan. Kalkulator Izin adalah sebuah fitur untuk membantu memperkirakan perhitungan retribusi perizinan, sedangkan Status Proses Perizinan adalah fitur untuk mengetahui sejauhmana progres perjalanan berkas perizinan. Fitur-fitur baru pada website ini bisa diakses melalui www.dpmptsp.surakarta.go.id
Media yang kedua adalah dengan penambahan fitur pada SMS Gateway. Dalam aplikasi ini dikembangkan 3 fitur baru, yaitu pemberitahuan retribusi perizinan yang harus dibayarkan, pemberitahuan berkas perizinan yang tidak dapat diproses dikarenakan kurang persyaratan maupun terdapat kendala teknis dan pemberitahuan produk Izin (SK Izin) yang telah jadi dan siap untuk diambil.
Dan media yang ketiga yaitu dengan memanfaatkan teknologi Android. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Android hampir serupa dengan yang pada website. Yaitu fitur Kalkulator Izin, Fitur Status Proses Perizinan dan ditambahkan 2 fitur bantuan yaitu Informasi Persyaratan dan Kontak. aplikasi Android ini bisa didownload melalui Play Store dengan nama aplikasi “perizinan solo”.
Menurut Kasi. Data dan Teknologi Informasi DPMPTSP Kota Surakarta Dian P. Adi, media-media tersebut dibangun dalam upaya memberikan aksesibilitas layanan informasi atau kemudahan bagi pengguna layanan perizinan maupun masyarakat umum. Kemudian diharapkan pula dapat mewujudkan adanya keterbukaan informasi, transparansi  dan pada akhirnya akan mendorong adanya budaya pelayanan perizinan yang prima.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta