Pemerintah Kota Surakarta
Ndalem Sasono Mulyo, Bangunan untuk Putra Raja
  June 2, 2017 16:59

Ndalem Sasono Mulyo diperuntukkan bagi para Putra Raja. Bangunan ini didirikan pada masa pemerintahan PB IV. Bangu¬nan Ndalem Sasono Mulyo memiliki kelengkapan bagian-bagian bangunan Jawa, terdiri dari 4 (empat) unsur yang biasa terdapat pada rumah tradisional Jawa, yaitu Pendopo, Pringgitan, Ndalem dan Gandhok.
Bangunan Pendopo berupa joglo dengan 36 saka. Adapun pring¬gitan bercirikan atap limasan dengan 8 saka. Tiang/ saka pada bangunan ini memiliki penampilan khas karena dibuat dengan cara bukan diketam melainkan di’pethel’/ditatal/dikampak. Selain kelengkapan bangunan tradisional bangunan dilengkapi pula pa¬vilion dengan tampilan arsitektur kolonial.
Secara keseluruhan bangunan mewakili produk arsitektur era tradisional Jawa murni Keraton jika ditinjau dari aspek tata ru¬ang, tampak bangunan, elemen bangunan dan bahan bangunan. Dalam perkembangannya bangunan menggambarkan proses in¬tervensi unsur arsitektur barat dalam arsitektur tradisional Jawa, diantaranya ornamen pintu utama dan topengan pada kanopi.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta