Jelang Lebaran, Pemkot Surakarta Bagi-bagi Sembako

Menjelang Hari Raya Idhul Fitri tahun 2017 ini, Pemerintah Kota Surakarta bakal membagi-bagikan paket sembako kepada warganya. Sebanyak 2.500 paket sembako yang berisi dari beras, gula pasir, minyak goreng,mie dan kecap siap dibagikan dalam lima gelombang. Bersamaan dengan pembagian paket sembako, juga akan digelar pasar murah.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Subagiyo mengatakan pembagian paket sembako dimulai pada Hari Senin (12/06/2017). Warga Kecamatan Banjarsari yang mendapat kesempatan pertama menerima pembagian paket senilai Rp 115.000 tersebut. “Pembagian paket sembako Kecamatan Banjarsari dilakukan di halaman kantor kecamatan,” ujarnya.

Hari berikutnya, Selasa (13/6/2017) pembagian paket sembako dilakukan di Basement Kantor Kecamatan Jebres untuk warga di kecamatan tersebut. Setelah itu, Rabu (14/6/2017), di halaman Kantor Koramil Pasar Kliwon giliran warga di Kecamatan Pasar Kliwon yang akan mendapatkan pembagian paket sembako. Berturut-turut kemudian adalah pembagian sembako untuk warga Kecamatan Laweyan dilakuakn di Kantor Kecamatan Laweyan pada hari Kamis (15/6/2017) dan terakhir pada hari Jum’at (16/6/2017) di Halaman Kantor Kelurahan Serengan.

“Pembagian paket sembako dilakukan mulai pukul 07.00 WIB sampai selesai. Hanya warga yang membawa kupon berstempel Dinas Perdagangan yang boleh menerima paket sembako. Pendistribusian kupon penerimaan sembako gratis dilakukan masing-masing kecamatan. Selain membawa kupon, warga juga harus membawa fotokopi KTP/KK,” kata Subagiyo.

Selain membagikan paket sembako gratis, Dinas Perdagangan Kota Surakarta juga akan digelar pasar murah. Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Bulog Subdivre III Surakarta, Perusahaan Perdagangan Indonesia [PPI] Solo, PKK, serta pelaku usaha mikro kecil menengah [UMKM] untuk meramaikan pasar murah tersebut. Diharapkan pasar murah tersebut dapat turut menjaga harga kebutuhan pokok menjelang lebaran.

Sebelumnya, sekitar 400 buruh gendong dan tukang becak di kawasan Pasar Gede serta tenaga kontrak di lingkungan Balai Kota Surkarta juga telah mendapatkan paket sembako gratis dari Masjid Baitul Hikmah Balai Kota Surakarta. Paket sembako berasal dari hasil pengumupulan infaq jamaan masjid. Wakil Wali Kota Achmad Purnomo berkesempatan menyerahkan paket sembako tersebut seusai buka bersama di masjid tersebut. (*)

 

Share This
X