Pemerintah Kota Surakarta
Surakarta Merupakan Kota Pusaka
  June 13, 2017 16:51

Kota Surakarta saat ini merupakan anggota dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang beranggotakan para walikota/bupati dari kota/kabupaten yang memiliki kesejarahan dan aset-aset pusaka kota yang bernilai tinggi. JKPI di deklarasikan pada tanggal 25 Oktober 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dalam kegiatan International Conference on World Heritage Cities di Solo. Sejak kelahirannya hingga tahun 2011, JKPI telah beranggotakan lebih dari 50 kota/kabupaten. Memiliki serangkaian pertemuan dan peningkatan kinerja jaringan maupun sumber daya manusia. Di awali dengan pertemuan koordinasi awal di Kota Solo (tahun 2009), Pra-kongres di Kota Jakarta Utara dan Barat (tahun 2009), Kongres pertama di Kota Sawahlunto (tahun 2009), serta Rapat Kerja tahunan.
Kawasan lama atau kawasan bersejarah suatu kota atau desa perlu dilestarikan. Penataan ruang harus dapat melindungi kekayaan sejarah itu, yang merupakan aset tak tergantikan yang tak ternilai. Keseluruhan kota atau desa harus merupakan kesatuan yang harmonis yang mencerminkan kepribadian dan jati dirinya. Banyak contoh ditunjukkan berbagai kota pusaka di dunia, bagaimana pusaka-pusaka perkotaannya mampu dihidupkan dan menghidupi kesejahteraan masyarakatnya. Dengan kata lain pusaka-pusaka tersebut mampu secara ekonomi menghidupi dirinya sendiri. Bahkan tidak sedikit yang telah menjadi destinasi wisata yang unggul dan memberikan devisa yang terus meningkat.
Konsep pembangunan Kota Surakarta adalah Eco-culture City yaitu perencanaan pembangunan pariwisata kota menempatkan pusaka perkotaan sebagai pusat pembangunan yang memberi karakter pembangunan kota secara keseluruhan. Pusaka perkotaan memberi inspirasi dalam penataan kota baik dalam hal arsitektur, estetika, maupun semangat dalam bingkai budaya yang masih hidup dan berkembang di kota ini.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

8

Visits total

425,337

Visitors total

330,671

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta