Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Monjari

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta menggelar acara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Monumen Juang 45 Banjarsari, jumat (21/7/2017).
Lomba mewarnai dan menggambar tingkat TK dan SD mengawali acara pagi ini. Juga terdapat bazar bank sampah dari perwakilan kelurahan se Kota Surakarta, serta pameran poster lingkungan hidup.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hasta Gunawan menjelaskan acara ini mengambil tema Connecting People to Nature. Dengan tema tersebut masyarakat diajak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.
Dalam sambutan Walikota Surakarta yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Budi Yulistianto menjelaskan acara ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Menghubungkan manusia dengan alam, terjalin hubungan simbiosis mutualisme saling menguntungkan antar sesama. Alam telah memberikan manfaat bagi manusia sehingga manusia harus merawat alam lingkungan sekitar. Dimulai dari menjaga kebersihan dan menanam pohon dilingkungan sekitar, niscaya dapat melestarikan lingkungan sesuai slogan Solo Berseri. Karena Kota yang bersih dan asri adalah cerminan dari budaya bangsa.
Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng buah dan jajan pasar sebagai wujud hasil dari alam. Penyerahan alat bor biopori kepada 9 kelurahan di kecamatan Pasar Kliwon, yakni Kelurahan Baluwarti, Pasar Kliwon, Kedung Lumbu, Joyosuran, Sangkrah, Kauman, Kampung Baru, Semanggi dan Gajahan. Sebagai hiburan Tari Lingkungan Hidup dari sanggar metta budaya turut memeriahkan acara ini.

Share This
X