Pemerintah Kota Surakarta
Begini Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Pawai Pembangunan
  August 18, 2017 09:28

Sejumlah ruas jalan di Kota Surakarta, Jum’at (18/8/2017) ini akan mengalami perubahan terkait dengan pelaksanaan Pawai Pembangunan dalam rangka HUT RI ke-72.  Perubahan yang meliputi penutupan, pemberlakuan dua arah dan sterilisasi parkir itu akan berlaku mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno, untuk memperlancar pelaksanaan pawai pembangunan, ruas jalan yang ditutup meliputi Jalan Bayangkara mulai dari simpang tiga utara stadion hingga perempatan Museum Keris serta Jalan. Kebangkitan Nasional mulaid ari simpang Museum Keris hingga simpang Jalan. Museum. Selain itu juga Jalan Slamet Riyadi, dari simpang tiga depan Stadion Sriwedari hingga Perempatan Gladag, serta Jalan Jendral Sudirman dari Gladag hingga simpang Bank Indonesia.

“Kami menghimbau agar pengguna jalan Slamet Riyadi dari arah barat yang hendak menuju ke Jalan Bayangkara agar berbelok lebih awal di simpang empat Gendengan masuk Jalan Dr. Wahidin yang khusus pada hari Jum’at mulai pukul 14.00 WIB akan diberlakukan dua arah termasuk kendaraan roda empat,” kata dia. Jalan Dr Wahidin sebelumnya memang dari arah simpang Gendengan ke selatan hanya untuk kendaraan roda dua dan angkutan umum.

Jalan Bayangkara dan Jalan Kebangkitan Nasional memang akan ditutup guna persiapan pawai pembangunan. Kendaraan hias yang menjadi peserta karnaval dipusatkan di dua ruas jalan tersebut.  Ketika karnaval yang direncakan akan dimulai pukul 14.30 WIB itu berlangsung, pengguna Jalan Slamet Riyadi yang hendak menuju ke arah timur akan dialihkan untuk masuk ke Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo.

“Seluruh kendaraan bermotor juga dilarang parkir on the street di Jalan Slamet Riyadi mulai dari simpang tiga bekas Kodim hingga Gladag. Larangan parkir on the street juga berlaku di Jalan Ronggowarsito mulai dari Simpang BI sampai Simpang Kelurahan Timuran karena Jalan Ronggowarsito akan kita berlakukan dua arah. Kendaraan yang nekat parkir akan diderek,” tandas Hari.

Menurut Hari,  arus kendaraan yang biasa menggunakan Jalan Slamet Riyadi dari arah barat menuju ke Bundaran Gladak akan diarahkan masuk ke Jalan Cipto Mangunkusumo, kemudian di simpang empat Solo Paragon Mall, diminta belok ke kanan masuk Jalan Yosodipuro. Di Bundaran Monumen Pers Nasional, kendaraan diarahkan untuk masuk Jalan Ronggowarsito melalui Simpang Kelurahan Timuran hingga Jalan Jend. Sudirman.

“Kendaraan yang keluar dari Jl. Ronggowarsito wajib belok kiri sesampainya di simpang empat Bank Indonesia karena Jalan Jendral  Sudirman digunakan untuk lokasi finish Pawai Pembangunan. Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di Jalan Ronggowarsito, jalan Saharjo di belakang Mangkunegaran juga akan diperbolehkan untuk dua arah baik dari arah barat maupun timur mulai dari Simpang Toko Jempol hingga Simpang Taman Keprabon,” jelas Hari. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta