Pemerintah Kota Surakarta
85 Bank Layani Penukaran Uang Baru
  May 29, 2017 01:33

Bank Indonesia menyiapkan uang pecahan sebanyak Rp 4 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang baru pasa musim lebaran tahun ini. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Bandoe Widiarto, mengatakan penukaran uang baru tidak lagi dilayani di Kantor Bank Indonesia seperti sebelumnya tetapi didistribusikan melalui bank umum yang ada di Kota Surakarta dan sekitarnya.

“Di kantor BI hanya hanya melayani penukaran uang secara kolektif, sedangkan untuk penukaran langsung BI akan mendatangi masyarakat di di pusat perbelanjaan, terminal, pasar, tempat-tempat dengan peredaran uang yang besar. Selain itu, penukaran uang baru juga bisa melalui bank-bank umum. Ada 85 bank di seluruh Solo Raya,” kata Bandoe Widiarto, Selasa(30/5/2017).

Penukaran uang pecahan baru dilakukan serentak mulai hari Selasa (30/5/2017) ini. Setiap pekan, seluruh bank umum akan memberikan layanan penukaran tersebut pada hari Selasa dan Kamis. Frekuensi waktu penukaran akan ditambah mendekati hari raya, yakni setiap hari Senin sampai dengan hari Kamis mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.  “Nanti direncanakan akan ada pelayanan penukaran bersama yang melibatkan lebih dari 10 bank dalam satu tempat, rencananya di Benteng Vastenberg  dan The Park Solo Baru,” kata Bandoe.

Dengan dibukanya pelayanan penukaran di 85 kantor-kantor cabang bank yang ada di Solo Raya serta pelayanan penukaran dengan mobil kas keliling, masyarakat tidak perlu lagi mengantre di Bank Indonesia. “Mulai kemarin pelayanan penukaran uang pecahan baru tidak lagi terpusat di Bank Indonesia. Tetapi masyarakat bisa pilih di bank mana yang diinginkan. Yang dari Sragen, Boyolali, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, tidak perlu ke Solo,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Cabang Utama BNI Solo, Iwan Affandi, mengatakan banknya membatasi jumlah warga yang akan menukarkan uang pecahan maksimla 150 orang per hari. Dikatakannya, sesuai dengan ketentuan BI, layanan dibuka hingga 15 Juni tapi hanya setiap Selasa dan Kamis. “Per hari kami membuka antrean untuk 150 dengan batasan penukaran Rp4,4 juta,” ujarnya.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan BI Solo Bidang Advisori dan Pengembangan Ekonomi Daerah, Taufik Amrozy, diperkirakan kebutuhan uang saat Ramadan dan Lebaran tahun ini mencapai Rp 4 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan 5 persen dibanding tahun sebelumnya. “Kita sudah mendapatkan pengiriman uang emisi terbaru yang jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Disebutkan Taufik, pada tahun 2013, kebutuhan uang masyarakat di Soloraya sekitar Rp2,2 triliun. Kemudian naik menjadi Rp2,9 triliun di tahun berikutnya dan menjadi Rp3,805 triliun atau naik hingga 30%. Tahun lalu ada kenaikan kebutuhan uang tapi tidak signifikan, yakni hanya 0,45% atau hanya Rp3,822 triliun. “Tahun ini kami prediksi kenaikan hanya sekitar 5% menjadi sekitar Rp 4 triliun untuk seluruh pecahan,” tambahnya.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta