Pemerintah Kota Surakarta
Warung Bakmi Pak Dul, Makanan Kaki Lima Favorit Jokowi
  September 6, 2017 19:37

Warung Bakmi Pak H. Dul Kampung Baru, Jalan Ronggowarsito 55, Perempatan Kampung Baru Solo. Warung bakmi yang berusia lebih dari 40 tahun itu memang menjadi buruan warga Solo maupun warga yang berasal dari luar daerah. Warung bakmi ini juga menjadi makanan kesukaan mantan penguasa Orde Baru, Presiden Soeharto. Bahkan saat pemilik aslinya masih hidup, yakni Pak Dul, Pak Harto sering mengundangnya ke istana untuk mengobati kerinduannya terhadap makanan Jawa. Termasuk memasak dalam porsi besar untuk event kenegaraan 17 Agustus atau saat ada tamu negara.
Warung bakmi sederhana ini letaknya di pinggir jalan, beralaskan seng dan hanya ditutupi kain berwarna kuning. Kursinya pun dari kayu biasa. Namun jangan heran kenikamatan masakan bakmi ini membuat Jokowi selalu kangen untuk menikmatinya. Menurut Nur, Pemilik Warung Bakmi H. Dul, saat ini warung mi langganan Jokowi itu dikelola generasi ketiga. Pemiliknya aslinya adalah ayahnya yang memiliki nama asli Ramli Hadi Sanjoyo sendiri sudah lama meninggal.
Warung bakmi Pak Dul memang terkenal sangat ramai pembeli. Meski saat itu menjabat sebagai Wali Kota, Jokowi masih mau antre menunggu giliran sambil nyemil gorengan lidah dan menikmati alunan musik dari pengamen jalanan.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

15

Visitors today

11

Visits total

425,216

Visitors total

330,599

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta