Pemerintah Kota Surakarta
Pecel Ndeso Solo
  September 6, 2017 18:50

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Pecel adalah salah satu makanan yang beberapa kota hampir memilikinya namun dengan sajian dan khas masing masing. Seperti halnya di kota Solo ini, dulu banyak sekali penjual pecel ndeso yang berkeliling untuk menjajakan dagangannya namun seiring berjalannya waktu maka penjualnya tidak berkeliling lagi. Tapi jangan khawatir di solo kalian masi bisa menikmati kuliner ini lho, salah satunya adalah rumah makan Wong ndeso Solo. Rumah makan ini menyediakan menu spesial pecel ndeso.
Pecel ini disajikan dengan nasi merah, kemudian pada sambal kacangnya dicampur dengan wijen hitam yang telah disangrai sehingga membuat sambal kacang jadi semakin gurih. Wijen hitam menjadi ciri khas dari pecel ndeso Solo ini. Sayuran yang digunakan sebagai isian dari pecel ini lebih beragam diantaranya adalah daun kenikir, kembang turi, jantung pisang, daun pepaya, dan tauge kemudian ditambah dengan bongko. Bongko adalah sejenis makanan berbahan dasar kacang merah yang dicampur dengan parutan kelapa muda kemudian diberi bumbu lalu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Penyajian pecel ndeso biasanya menggunakan pincuk dari daun pisang.
Rumah makan omah ndeso ini berada di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, yang buka dua kali setiap harinya mulai jam 08.00 – 16.00, dan 18.00 – 22.00.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta