Pemerintah Kota Surakarta
Ngopi Serius, Tempat Ngopi Enak di Kota Solo
  September 14, 2017 21:31

Solo berbeda dengan kota Bandung maupun Depok. Di Kota Kebudayaan ini, tidak begitu banyak ditemukan kedai kopi yang mengikuti perkembangan coffee shop seperti di kedua kota tersebut. Meskipun begitu, bukan berarti Solo tak memiliki tempat ngopi yang enak. Di Jl. Melati No. 7, Anda bisa mendapati kedai kopi bernama Ngopi Serius.
Kedai Ngopi Serius buka sejak pukul 4 sore hingga 12 malam. Kedai yang sangat terkenal di kota berjuluk The Spirit of Java ini menyediakan aneka ragam kopi nusantara. Meminum secangkir kopi di kedai Ngopi Serius tak akan membuat Anda cepat jenuh. Hal ini karena bangunan kedai yang bernuansa klasik. Perangkat yang terjejer di dalam kedai, mulai dari meja, kursi, dan bahkan temboknya terbuat dari kerajinan kayu.
Selain itu, pengunjung juga bisa melihat aneka pajangan yang terpampang di dalam ruangan, seperti lukisan tarian nusantara, serta bagan nomenklatur kopi Indonesia yang bagus. Bicara soal kopi, kedai Ngopi Serius memiliki sekitar 40-an ragam jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia yang didapat langsung dari para petani kopi. Semua bisa dilihat di dalam daftar menu. Selain kopi, ada juga jenis minuman lain sebagai pelengkap kopi dengan aneka camilan nikmat semisal kentang goreng dan pisang goreng.
Kedai Ngopi Serius kebanyakan menggunakan kopi jenis Arabika, satu varian kopi yang rasanya memang disukai oleh sebagian besar pecinta kopi. Rasa dari kopi Arabika yang cenderung manis dengan teksturnya yang lembut memang tak pernah mengecewakan lidah. Tentang harga, Anda tak perlu khawatir. Meski menawarkan branding kopi nusantara, untuk segelas kopi di kedai Ngopi Serius bisa diperoleh dengan harga rata-rata 12 ribu rupiah saja.
Yang unik dari kedai Ngopi Serius adalah penamaan jenis-jenis kopi yang ditawarkan. Hampir seluruh nama menggunakan kombinasi nama-nama daerah asal biji kopi, jenis, dan karakter rasanya, seperti Sunda Hejo, Sunda Puntang Typica, Gayo Kenawat, Sunda Geulis Longberry, Gayo Kenawat, Kaba Bangkulu, Toraja Minanga, Celebes Latimojong, Kalosi Bone Bone, Toraja Minanga, Lereng Lawu, Toraja Sapan, Mandheling Ateng Super, dan sebagainya.
Terakhir yang perlu Anda ketahui sebelum menyinggahi tempat ngopi di Solo ini, kopi yang dihidangkan oleh kedai Ngopi Serius normalnya tanpa gula. Bukan tanpa alasan, kedai Ngopi Serius hanya tak ingin merusak cita rasa asli kopi. Oleh sebabnya, jika Anda ingin menambahkan gula agar manisnya sedikit terasa, bisa langsung minta ke pelayan. Di kedai Ngopi Serius, Anda juga bisa membawa pulang kopi dalam bentuk roasted bean, kopi bubuk campur, ataupun kopi fermentasi yang dihidangkan dalam keadaan dingin.
Alamat: Jalan Melati No. 7, Purwosari, Lawean, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142
No. Telp: 0812-9494-8320

dok.foto:maniak makan

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta