Pembangunan Overpass Manahan Dimulai

Pembangunan overpass atau jalan layang Manahan segera dimulai. Dijadwalkan pembangunan kontruksi jalan mulai minggu kedua bulan Oktober mendatang. Pemerintah Kota Surakarta akan mendahului membangun dua pekerjaan fisik sarana pendukung jalan layang tersebut.
Hal itu terungkap saat acara Sosialisasi Pembangunan Overpass Manahan, di Pendhapa Kelurahan Manahan, Jum’at (22/7/2017). “Ada dua pekerjaan fisik sarana pendukung overpass yang didanai APBD Kota Surakarta 2017, yakni peningkatan saluran drainase di sisi barat Jalan Dr. Moewardi dan penataan sisi timur Jalan Dr Moewardi,” kata Endah Sitaresmi Suryandari, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta.
Sedangkan untuk proyek Penataan Jalan Dr Moewardi di sisi timur, Sita mengatakan ada dua segmen yang akan dikerjakan. Segmen pertama dimulai dari hotel Agas hingga perempatan Kota Barat atau Kantor Dinas Koperasi dan UMKM. Kemudian sisanya, yakni dari dari Lapangan Kota Barat hingga depan SMP 25 Surakarta merupakan segmen kedua.
Kedua proyek pendukung overpass tersebut mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 9.448.540.000 bersumber APBD Kota Surakarta Tahun 2017. Proyek peningkatan saluran drainase dialokasikan anggaran sebesar Rp 4.448.540.000,00 dan penataan Jalan Dr. Moewardi sisi timur sebesar Rp 5 miliar. Kedua proyek tersebut ditargetkan dapat diselasaikan dalam waktu 80 hari.
Proyek pendukung overpass tersebut di antaranya meliputi pekerjaan aspal jalan, pekerjaan pendestrian, pekerjaan pembuatan taman yang di dalamnya termasuk pemasangan lampu taman dan instalasi. “Mudah-mudahan minggu kedua bulan Oktober sudah dikerjakan dan bisa diselesaikan sebelum 15 Desember,” ujarnya.
Selain dua pekerjaan fisik tersebut, Sitaresmi menjelaskan masih ada empat lagi proyek pendukung overpass yang menjadi kewajiban Pemerintah Kota Surakarta. Keempatnya pekerjaan fisik tersebut adalah pekerjaan finishing dan aksesoris overpass Manahan, peningkatan Jalan MT Haryono, peningkatan Jalan Adi Sucipto dan penataan Jalan Kalitan. “Keempat proyek ini akan dikerjakan tahun depan,” tambahnya.
Keempat pekerjaan yang akan dikerjakan setelah pekerjaan konstruksi overpass Manahan yang dilaksanakan pemerintah pusat selesai. Sita menyebut pekerjaan finishing dan aksesoris overpass Manahan tersebut meliputi pemasangan lampu penerangan jalan dan pembuatan asesoris overpass. Sita mengatakan rencananya nanti dinding overpass akan dihiasi dengan aseoris bertemakan tema budaya dan kearifan lokal Kota Surakarta.
Sedangkan jalan MT Haryono akan mendapatkan perbaikan aspal dan penataan jalur hijau. Proyek ini dimulai dari depan SMP Negeri 1 Surakarta hingga traffic light simpang jalan MT Haryono dan jalan RM Said. Perbaikan aspal dan penataan jalur hijau juga akan dilakukan di ruas jalan Adi Sucipto, dari depan SD Kalam Kudus, hingga perempatan Polwiltabes Surakarta.
“Satu lagi pekerjaan di tahun 2018 berkaitan dengan overpass adalah penataan Jalan Kalitan akan dilakukan dari depan Ndalem Kalitan hingga belakang Gereja St Petrus Gendengan. Pekerjaan ini meliputi perbaikan aspal dan saluran drainase serta jalur pejalan kaki,” kata Sita. (*)

Share This
X