Pemerintah Kota Surakarta
Soto Triwindu, Soto Legendaris di Kota Solo
  October 7, 2017 08:50

Kekayaan kuliner kota Solo memang seperti tak habis-habisnya. Dari masakan tradisional hingga modern, semua lengkap tersedia disini. Kualitas rasa yang ditawarkan pun tak bisa dipandang sebelah mata. Tak heran kalau ada yang menyebut Solo sebagai kota “goyang lidah”. Beberapa tempat makan di Solo bahkan telah beroleh tempat istimewa di hati para penikmat kuliner dari sejak lama. Salah satu diantaranya adalah Soto Triwindu, yang dulu bertempat di dalam pasar barang antik bernama Pasar Triwindu. Pelanggan harus sedikiti blusukan untuk bisa mencapai warungnya.

Soto Triwindu adalah jenis soto daging sapi dengan kuah yang bening agak berwarna kecoklatan. Kemungkinan ini karena pengaruh rempah-rempah yang digunakan dalam soto. Kuahnya terasa gurih dan menyegarkan. Rasanya jadi makin istimewa, ketika dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis, kecap, dan sambal. Untuk hal ini tentu tergantung selera. Dagingnya diiris tipis dan melebar, terasa empuk ketika dikunyah. Kelezatan Soto Triwindu barangkali kuga dipengaruhi oleh cara masaknya yang masih tradisional dengan menggunakan kuali tanah.

Untuk lauk tambahan tersedia beberapa pilihan seperti tempe, bakwan udang, sate telur puyuh, paru goreng, lentho, dll. Lentho, atau sering juga disebut mentho, adalah sejenis gorengan yang terbuat dari bahan dasar singkong dan kacang tolo. Di Salatiga, Boyolali, dan Solo makanan kecil ini biasa disajikan sebagai lauk pendamping soto. Selain itu, ada juga peyek, krupuk, dan karak yang ditempatkan dalam toples-toples tua berukuran besar. Untuk minuman, anda perlu mencoba es beras kencurnya yang juga istimewa.

dok.foto:kabarkuliner

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta