Wedangan Rekomendasi di Kota Solo

HIK alias Hidangan Istimewa Kampung merupakan salah satu kuliner khas di Kota Solo. Para penjual HIK dapat di jumpai dimana-mana ketika kita singgah di Kotanya Presiden. HIK itu semacam warung angkringan, yang tersebar di ratusan titik lokasi di Solo. Biasanya mengambil lokasi di dekat perempatan, pertigaan, emperan jalan, dengan tenda warna orange atau biru yang tidak tembus guyuran hujan.

Ada lampu teplok, lampu minyak tanah dengan kaca penghalau angin. Si penjual duduk di antara dua gerobok kiri kanan, satu sisi ada anglo, tempat membakar dengan batu arang hitam. Satu sisi lagi, biasanya untuk menanak air minum, untuk membuat wedang panas.

Nama lain HIK juga Wedangan. Menu wedangan yang populer adalah sego kucing, berupa nasi satu kepal yang dibungkus daun pisang, dengan sesisir ikan bandeng dan sambel. Berikut rekomendasi Wedangan atau HIK di Kota Solo
1. Wedhangan Pak Dhie
Salah satu wedangan nasi bandeng original yang pertama dan tertua di Solo adalah Wedhangan Pak Dhe. Racikan jahe coklatnya bikin ketagihan! Lokasi ini berada di area pintu belakang Keraton Mangkunegaran, sebelah Institut Tari Mangkunegaran, Solo.

2. Wedhangan Pendhopo
Wedhangan kedua yang bisa disambangi adalah Wedhangan Pendopo. Warung ini langganannya Presiden Joko Widodo. Lokasinya berada di area seberang Rumah Turi Hotel, Solo.

3. Wedhangan Omah Lawas
Rekomendasi ketiga yaitu Wedhangan Omah Lawas. Nuansa rumah kuno art deco yang sudah seharusnya masuk Benda Cagar Budaya (BCB).

4. Wedhangan Tiga Tjeret
Berada di urutan keempat, ada Wedhangan Tiga Tjeret. Konsep wedhangan satu ini modern dan unik. Lokasinya ada di seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

5. Wedhangan Waroeng Keroepoek
Konsep wedhangan yang beratmosfir suasana kreatif dan juga menyajikan masakan-masakan khas Solo zaman dulu, seperti sate kere, nasi penyetan jangan, dan lain-lain. Alamatnya ada di Jl Dr Radjiman, seberang toko sepeda Tjin Poe, Solo.

6. Wedhang Dongo Untung
Warung wedhangan berikutnya adalah Wedhang Dongo Untung. Warung satu ini komplit menyajikan wedang dongo, sekoteng, asle dan masih banyak yang lainnya. Alamatnya ada di Jl RE Martadinata, area Warung Miri, Solo.

7. Wedhangan Sri Rejeki
Wedhangan komplit dengan sajian dongo, sekoteng, dan yang lainnya. Warung ini berada di area Gajahan, sekitar tembok keraton Kasunanan, Solo

8. Wedhangan MARKOBAR
Cafe wedangan besutan Gibran Rakabuming Raka yang menyajikan martabak terang bulan dengan varian 8 rasa. Lokasinya berada di samping Solo Grand Mall, Solo.

9. Wedhangan Mul Gaul
Wedhangan unik yang terkenal dengan minuman JKJ (Jahe Kencur Jeruk) dan Tempe Gembusnya yang sedap. Warung ini berada di sekitar Karanganyar, Solo.

10. Wedhangan PAKEM
Wedhangan satu ini bernuansa Pasar Tradisional karena terletak di lantai 2 pasar tradisional di Pasar Kembang. Alamatnya di Jl Honggowongso, Pasar Kembang, Solo.

“Anda penasaran? Yuk datang ke Kota Solo

Share This
X