Pemerintah Kota Surakarta
HIMAGHITA UNS Bagikan Seribu Panganan Lokal di CFD
  October 15, 2017 11:14

Himpunan Mahasiswa Teknologi hasil Pertanian yang tergabung dalam HIMAGHITA Fakultas Pertanian UNS menggelar event memperingati hari pangan dunia di Solo Car Free Day minggu pagi (15/10/2017). Selain talkshow sejarah makanan lokal, juga membagi bagikan seribu panganan lokal di SCFD.

Pembina Himaghita FP UNS Ardhea Mustika Sari mengatakan dewasa ini makanan lokal diserang oleh makanan kekinian/fast food. Baik dari Jepang maupun Korea. Sehingga banyak orang melupakan makanan tradisional. Padahal makanan tradisional lebih sehat dibandingkan dengan makanan cepat saji.

Sementara itu, sejarawan muda Muhammad Aprianto dalam dialog pangan mengatakan ada makna yang terkandung dalam sebuah makanan tradisional. Misalnya klepon merupakan perpaduan tionghoa dan jawa. Yang mana bahan klepon dari tepung ketan sangan kental dengan etnis tionghoa dan didalamnya ada gula jawa. Gula jawa disini diartikan orang jawa. Dari sini dapat disimpulkan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa ada dalam makanan tradisional klepon.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

9

Visits total

425,214

Visitors total

330,597

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta