Pemerintah Kota Surakarta
Segarnya Bakmi Toprak Yu Nani
  October 27, 2017 16:33

Warung Yu Nani awalnya hanya berupa kantin sekolah. Saat itu, Mbah Nani bekerja sebagai tukang kebun di SD Kartopuran. Ia menjual Bakmi Toprak di dalam sekolah. Saat ia pensiun pada 1980-an, pihak sekolah memintanya berjualan di luar sekolah. Ia lalu mengambil lokasi menempel tembok belakang sekolah itu. Bentuknya tak berubah dari pertama berdiri, hanya menggunakan tenda. Dalam sehari, warung ini mampu menjual 200 porsi mi thoprak. Satu porsi Bakmi Ketoprak Yu Nani bisa ditebus kenikmatan segarnya cukup dengan Rp 13.000 saja. Warung ini buka dari pukul 10.30 WIB hingga 17.00 WIB. Selain itu, ada pula jajanan tambahan seperti lento, lumpia, sosis dan jajanan lain dengan variasi harga mulai dari Rp1.000.
Untuk menemukan Warung Ketoprak Yu Nani terbilang gampang-gampang susah, apalagi bagi Anda yang jarang blusukan hanya demi memanjakan selera lidah. Terletak di tengah perkampungan di daerah Ketopuran, warung ini berdiri di pojok sebuah bangunan Sekolah Dasar. Namun jangan salah, namanya sudah tersohor sejak berpuluh tahun yang lalu. Ketoprak Yu Nani Kertopuran memang memiliki ciri khas, yang sudah mulai terlihat ketika disajikan. Isinya yang terbilang lengkap, sangat lengkap bahkan menjadi pemikat pertama.
Keduabelas macam bahan makanan itu yakni kubis, touge, kacang, tahu, tempe, cakwe, sosis solo, bakmi kuning, bihun, rambak, bawang goreng dan daging sapi. Di sini daging sapi tidak digoreng tapi direbus lama dan selalu menggunakan arang, jadi teksturnya empuk. Kuah yang meluber hingga ke tepi piring semakin menggugah selera makan. Kepulan asap yang membumbung menandakan kuah yang hangat, membawa aroma gurih kaldu daging sapi.
Hangat dan gurih langsung hinggap di lidah saat menyeruput sesendok kuah mie ketoprak ini. Kaldunya terasa pas dan enak. Bakmi Toprak Yu Nani hanya khusus menyediakan menu makanan Bakmi Toprak, sedangkan untuk minuman ada berbagai macam menu pilihan,dan yang paling spesial yakni es degan gula jawa. Agar lebih nikmat ada cara makan khusus Bakmi Toprak yakni ditambahkan jeruk nipis, kecap, dan irisan lombok yang sudah disiapkan terpisah.

dok.foto:KSMtour.com

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta