Pemerintah Kota Surakarta
Jajanan Lenjongan Khas Kota Solo
  October 27, 2017 16:30
Kota Solo selain terkenal dengan kota budaya dan batiknya juga terkenal dengan Jajanan. Salah satunya yaitu Jajanan Lenjongan khas Solo. Lenjongan adalah nama bagi segerombolan jajanan pasar yang mayoritas terbuat dari singkong. Lenjongan terdiri dari berbagai  makanan (Gendar, Klepon, Sawut, Jongkong, Gatot, Getuk, Tiwul, Cenil,Klepon, Ketan hitam, Ketan putih, Jagung (Grontol), lalu ditaburi parutan kelapa dan gula pasir ataupun gula merah cair.

Harga seporsi Lenjongan lengkap, Rp 3.000 per bungkus. Lenjongan ini tidak memakai pengawet, tidak pakai pewarna buatan. Bagi warga Kota Solo, Lenjongan termasuk kudapan favorit. Anda juga bisa memilih jajanannya sesuai selera, bisa juga Anda hanya memilih gatot dan tiwul saja, bisa juga cenil dan ketan saja dan kalau memang ingin mencicipi semuanya juga bisa sesuai selera Anda.

Untuk rasa, semua jajanan Lenjongan ini memiliki kesamaan, yaitu hampir semua isinya kenyal-kenyal. Cara penyajiannya sesuai apa yang dipilih oleh pembeli kemudian atas ditaburi parutan kelapa dan ditaburi gula pasir yang halus atau pembeli ingin ditaburi gula merah cair juga bisa sesuai selera pembeli. Manis menjadi rasa dominan Lenjongan. Teksturnya kenyal, ada sedikit rasa gurih yang berasal dari kelapa parutnya. Seluruh cita rasa itu berpadu menjadi satu kesatuan bernama Lenjongan.

Penjual Lenjongan Solo juga biasanya mangkal di satu deretan tengah pasar. Salah satunya adalah Lenjongan ibu Sum di Pasar Gede kota Solo. Ia terkenal karena lebih lengkap dibanding yang lain.

dok.foto:KSMtour
novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta