Pemerintah Kota Surakarta
4 IKM Paling Inovatif Raih Award
  July 12, 2017 15:23

Pemerintah Kota Surakarta memberikan penghargaan kepada empat industri kecil menengah (IKM) di Kota Surakarta yang dinilai paling inovatif. Keempat IKM tersebut adalah Mahkota Batik, Bule-bule Clothing, Intrafood, dan Prima Putra Bengawan. Penghargaan tersebut diserahkan dalam ajang Industry Innovation Award (IIA) 2017. Yang berlangsung di The Sunan Hotel Solo, Rabu (12/7/2017).

Dalam pengumuman pemenang IIA 2017, Intrafood dinyatakan sebagai IKM inovatif pada dua kategori yakni yakni Kategori Marketing dan Kategori Manajemen. Sementara Bule-bule Clothing sebagai IKM paling inovatif pada ketegori kreatifitas dan Mahkota Batik untuk IKM Inovatif pada kategori orisinalitas serta Prima Putra Bengawan pada kategori lingkungan.

“Ada lima belas IKM yang menjadi nominator, dari hasil penilaian yang dilakukan dewan juri dari akademisi, media dan pemerhati industri dinyatakan empat IKM tersebut yang memperoleh nilai tertinggi. Intrafood memperoleh nilai tertinggi pada dua kategori karena memang dalam ketentuan penilaian satu IKM bisa memenangi lebih dari satu kategori,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kota Surakarta Agus Sutrisno.

Wakil Wali Kota Achmad Purnomo menyerahkan penghargaan IIA 2017 tersebut kepada pemenang. Sebelum acara penyerahan penghargaan dilangsungkan, Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kota Surakarta juga menggelar pameran produk-produk unggulan dari 15 IKM yang masuk nominasi. “Penghargaan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Surakarta terhadap IKM dan diharapkan akan memicu IKM lain untuk semakin inovatif,” kata wakil wali kota.

Selain 4 IKM, dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kota Surakarta juga memberikan penghargaan kepada Siti Aminah, pendiri dan pemilik perusahaan percetakan Tiga Serangkai. Siti Aminah dinobatkan sebagai Tokoh Pengusaha Berpengaruh. Penghargaan ini juga berdsarkan penilaian dewan yuri yang melihat Siti Aminah memiliki pengaruh lebih kuat dan luas daripada kandidat lainnya.

Menurut Agus, IKM yang menjadi pemenang (IIA 2017 bakal mendapat akses mudah untuk mengikuti beragam program pemerintah. Dia mengatakan pihaknya akan mempromosikan IKM tersebut ke Dinas Koperasi dan UKM agar bisa mendapat akses mudah maupun ke bagian perekonomian sehingga bisa mendapat pendanaan program-program pemerintah. “Pemenang akan mendapat kemudahan akses-akses pameran di tingkat Jateng maupun nasional bahkan bisa ke luar negeri,” ujarnya.

Pada tahap awal IIA 2017 ada 54 IKM yang masuk dalam radar penilaian. Setelah melalui proses seleksi terpilih 15 nominator. Nominator kemudian dinilai dewan yuri yang terdiri wakil akademisi Drs. Tunjung Wahadi Sutirto, M.Si, pemerhati Industri yaitu Dr. Sutanto , S.Si., DEA dan pelaku media Ir. Suwarmin.

Menurut Agus, awarding ini diadakan demi mendorong peran aktif IKM dan meningkatkan citra produk yang kompetitif. Kegiatan semacam ini baru pertama kali diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta. “Dengan awarding ini, diharapkan akan memberikan nilai tambah terhadap produk IKM,” ujarnya.

Pemilik Bule-bule Clothing yang memenangi Kategori Kreativitas, Wahyu Janawijaya, berharap banyak melalui fasilitas yang akan diberikan kepada pemenang. Pemkot Solo menjanjikan IKM pemenang akan jadi prioritas setiap Solo mengikuti pameran tingkat nasional, prioritas penyaluran dana CSR, dan fasilitas pengembangan usaha. “Harapannya dengan diikutkan pameran banyak yang lebih mengenal produk saya. Selain itu dengan diikutkan pameran siapa tahu ada investor yang masuk,” kata dia. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta