Pemerintah Kota Surakarta
Ledre, Pasangan Pas Saat Minum Teh
  November 17, 2017 17:07

Ledre merupakan makanan khas sejak Nusantara masih dalam jaman kerajaan. Bersanding dengan serabi, ledre adalah makanan priyayi Solo kala itu. Memang, ledre sangat pas dinikmati sembari minum teh. Kini, ledre menjadi teman minum teh semua kalangan termasuk para tamu negara di hotel-hotel berbintang.

Kudapan ledre berbahan dasar pisang dan ketan kelapa. Seorang penjual ledre legendaris, Sri Martini, pemilik Ledre Laweyan sejak 1984, membuat sedikit perubahan dalam proses memasak ledre. Jaman dahulu, ledre dibuat dari ketan mentah yang dipanggang di atas wajan lalu ditambah santan. Setelah matang, pisang ditambahkan sebagai topping. Sementara itu, ledre Laweyan menggunakan ketan yang sudah matang. Hal ini dilakukan untuk mempercepat waktu pembuatan. Menurut Sri Martini, rasa ledre dengan ketan matang lebih enak daripada ketan mentah.

Ledre mempunyai citarasa guris dan sedikit manis. Rasa manis berasal dari pisang, bukan gula. Ledre Laweyan ada yang menggunakan keju dan coklat sebagai rasa alternatif. Ini membuktikan bahwa kuliner tradisional pun bisa dikreasikan agar lebih modern.
Alamat         : Jalan Setono No. 158, RT 02 RW 02 Laweyan, Surakarta
No. Telp       : (0271) 739283

 

dok.foto:rri.co.id

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,469

Visitors total

330,745

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta