Pemerintah Kota Surakarta
Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Ajukan 2 Tokoh Jadi Pahlawan Nasional
  November 11, 2017 17:19

Ada yang berbeda pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 ini. Wali Kota dalam pidatonya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Surakarta akan mengajukan 2 Tokoh dari Kota Surakarta untuk dijadikan Pahlawan Nasional.

Keempat tokoh yang diajukan Pemerintah Kota Surakarta dinilai memiliki jasa besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu komponis lagu Bengawan Solo, Gesang Martohartono dan  Mayor Ahmadi.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Balai Kota, Jumat (10/11) menjelaskan, kedua tokoh tersebut merupakan putera Kota Solo asli yang layak mendapatkan penghargaan gelar pahlawan nasional. Selama ini, di antara putera Solo asli yang mendapatkan penghargaan gelar pahlawan nasional baru dua orang, yakni almarhum Brigjen Slamet Riyadi dan RM Said.

“Kita akan melakukan kajian terhadap para tokoh Kota Solo yang berjasa besar terhadap Indonesia dan mengusulkan penghargaan dengan gelar pahlawan nasional. Kajian akan melibatkan para tokoh Kota Solo bersama Dinas Sosial. Kita akan memperkuat usulan eks Tentara Pelajar melalui kajian tersebut,” ujarnya.

Menurut Hadi Rudyatmo, di Kota Solo sebenarnya banyak tokoh yang berjasa besar terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan layak mendapat penghargaan gelar pahlawan nasional. Dia menyebut contoh Mayor Ahmadi, berhak mendapat gelar pahlawan nasional karena almarhum yang dalam pertempuran empat di Kota Solo masih berstatus pelajar, ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan RI.

“Di usianya yang masih sangat muda, Mayor Ahmadi yang tergabung dalam Tentara Pelajar sudah memimpin pertempuran selama empat hari di Kota Solo,” jelasnya.

Tokoh lain yang akan diusulkan Pemkot Solo sebagai pahlawan nasional adalah Sunan PB X, berdasarkan jasanya dalam turut mempersatukan NKRI. Sedangkan KH Samanhudi merupakan tokoh yang bergerak dalam dunia perekonomian dengan mendirikan organisasi Serikat Dagang Islam untuk menandingi dominasi VOC di Nusantara dan mengembangkan kerajinan batik. Selain itu, tokoh seniman dan komponis keroncong pencipta lagu Bengawan Solo,  Gesang Martohartono, jasanya di bidang seni musik yang mengharumkan nama Indonesia dianggap layak mendapat gelar pahlawan nasional.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta