Pemerintah Kota Surakarta
Peringatan Hari HAM Se-Dunia 2017
  December 10, 2017 12:15

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia tahun 2017 dilaksanakan di Hotel Sunan Solo, Minggu (10/12). Peringatan Hari HAM yang ke-69 ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Hukum dan HAM.

Dalam kesempatan peringatan hari HAM tersebut, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan bahwa Pemerintah terus berkomitmen dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM yang telah diamanatkan dalam konstitusi dan instrumen HAM Internasional. “Ini bisa dilihat hasil dialog Universal Periodic Review (UPR) yang telah dilaksanakan padal awal Mei 2017, dimana saya bersama Menteri Luar Negeri telah memimpin Delegasi RI untuk membahas perkembangan implementasi HAM dalam 4 tahun terakhir. Dalam pembahasan UPR tersebut, banyak negara anggota PBB menyampaikan tanggapan dan apresiasi yang baik terkait dengan pemajuan HAM di Indonesia khususnya terkait dengan RANHAM, jelas Yasonna.

Sementara itu Presiden Joko Widodo mengatakan kewajiban dan tanggung jawab untuk melaksanakan perlindungan, pemenuhan, penghormatan, penegakan dan pemajuan HAM adalah tanggung jawab Pemerintah. Namun , kewajiban ini tentu saja bukan semata-mata diemban oleh Pemerintah Pusat, melainkan juga melekat di semua jajaran Pemerintah Daerah. “ Dasar pertimbangaannya, antara lain,karena factor luasnya wilayah dan jenjang pemerintahan,serta birokrasi yang menyulitkan Pemerintah Pusat untuk dapat menjangkau warga masyarakat secarang langsung”, terang Presiden.
Dalam kegiatan ini juga terdapat 351 dari 515 Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian terkait dengan pemenuhan HAM. Dari jumlah tersebut 232 di antaranya masuk kategori peduli HAM, dan 84 cukup peduli HAM. Rangkaian kegiatan peringatan hari HAM ini diantaranya Seminar peningkatan akses dan aksepbilitas bagi penyandang disabilitias di Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di Kampung UNS Surakarta, (7/12). Kemudian kegiatan colour HAM yang terdiri dari jalan santai dan jalan sehat dilaksanakan di Benteng Vastenburg, (9/12).

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

29

Visitors today

17

Visits total

425,325

Visitors total

330,663

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta