Belajar Membatik di Kampung Batik Laweyan

Laweyan merupakan salah satu pusat sentra batik di Kota Solo. Baik pembuatan hingga penjualan batik berlangsung di Kampung ini. Kampung batik Laweyan sudah menjadi ikon batik Solo sejak abad ke-19 ketika asosiasi pedagang pertama kalinya dibentuk yaitu Sarikat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhudi pada tahun 1912.

Saat ini, kurang lebih 250 motif batik khas Kampung Batik Laweyan sudah dipatenkan. Motif Batik Laweyan menawarkan batik warna terang. Selain memiliki sejarah sebagai kota batik tertua, gaya arsitektur kampung batik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Rumah- rumah klasik dengan arsitektur budaya Jawa, Eropa, Cina dan Islam. Bangunan mewah ini menjadi ciri kejayaan saudagar batik asli pribumi Laweyan pada masa itu dan dikenal dengan sebutan “Gal Gendhu”.

Kampung Batik Laweyan juga menawarkan paket wisata workshop membuat batik tulis dan cap, dengan meluangkan waktu sekitar 2 jam saja wisatawan bisa membawa pulang hasil karya batik. Untuk mengetahui biaya kursus Anda bisa menghubungi langsung ke contact person Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan.

 

dok.foto:pariwisata.surakarta.go.id

Share This
X