Pemerintah Kota Surakarta
17 September, Hindari Manahan..!!!
  September 17, 2017 11:09

Pengguna jalan di Kota Surakarta  diminta menghindari seputaran Stadion Manahan pada Hari Minggu (17/9/2017). Sejumlah persimpangan di kawasan itu bakal ditutup karena Stadion Manahan akan digunakan untuk Silaturahmi Nasional Majelis Tafsir Al Qur’an. Rencananya Presiden Joko Widodo bakal hadir bersama Ketua MPR Zulkfli Hasan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Sri Baskoro,  penutupan jalan menuju ke kawasan Stadion Manahan terpaksa dilakukan karena diperkirakan bakal ada 100.000 orang yang bakal menghadiri acara tersebut.  “Kami akan menutup jalan mulai dari Tugu Wisnu hingga Bundaran Manahan sejak pukul 06.00 WIB hingga acara selesai. Karena itu kami mengimbau masyarakat agar tidak berkegiatan di sekitar Manahan pada Minggu 17 September mendatang,” ujarnya

”Ruas Jalan Adi Sucipto mulai simpang empat Manahan hingga perlintasan sebidang kereta api Manahan dipastikan steril dari kendaraan. Otomatis, persimpangan  jalan yang ada di jalan itu ditutup seperti, simpang empat Polresta Surakarta, simpang tiga di Jalan KS Tubun, simpang tiga Mom Milk, simpang tiga sisi selatan rel, dan bundaran Manahan,” kata dia.

Baskoro menjelaskan Jl. Adisucipto disterilkan karena bakal dijadikan jalur peserta masuk kompleks Stadion Manahan dari lokasi parkir. Dinas Perhubungan bakal merekayasa lalu lintas dengan membuat Jl. Menteri Supeno jadi satu arah dari timur ke barat dan Jl. K.S. Tubun dari utara ke selatan. “Oleh karena, masyarakat yang masih bisa menunda kegiatan di sekitar Manahan, mohon ditunda dulu daripada terjebak kemacetan,” ujarnya.

Untuk pengaturan lalu lintas, Dinas Perhubungan mengerahkan 150 personel yang dimiliki. Mereka akan dibantu personel Satpol PP, kepolisian, dan Satgas MTA juga dilibatkan untuk mengatur jemaah dan kendaraan yang mereka gunakan. Selain itu untuk memudahkan pemantauan, beberapa lokasi disiapkan kamera CCTV. “Kalau terpaksa hendak melintas di kawasan Manahan, sebaiknya mengambil alternatif jalan lain dulu untuk menghindari kemacetan,” Kabag Ops Polresta Surakarta Kompol Arief Joko.

Selain menutup jalan dan membuat rekayasa lalu lintas, Dinas Perhubungan juga menyediakan kantong-kantong parkir khusus. Kantong parkir yang disediakan dibagi menjadi beberapa titik masuk, mulai dari kawasan utara, selatan, timur maupun barat. “Untuk kawasan utara, kami menyiapkan kantong parkir di Kawasan Lapangan Sumber. Sedangkan, dari sisi selatan dan timur kami siapkan di kawasan Jalan Kantor BPBD, UTP, Pasar Depok dapat digunakan. Dan untuk dari kawasan barat kami siapkan di SMK Negeri 5, 4, 6,” terang Baskoro.

Kompol Arief Joko Saptomo mengatakan Polresta Surakarta akan menerjunkan 1.000 personelnya guna membantu TNI dalam pengamanan tamu dan peserta. Mereka bertugas mulai dari ring 2 dan ring 3 pengamanan presiden. Dikatakannya, para peserta Silatnas hendaknya menempati kantong-kantong parkir yang telah disediakan. “Lokasinya memang agak jauh dari tempat acara, tetapi ini demi kelancaran. Jangan parkir di tepi jalan apalagi di alan seputar Stadion Manahan,” kata dia. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

6

Visitors today

5

Visits total

425,207

Visitors total

330,593

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta