Pemerintah Kota Surakarta
19 September Batas Waktu Pedagang Klewer Timur Pindahan
  September 19, 2017 13:22

Pedagang Pasar Klewer sisi timur diminta untuk segera mengosongkan kios mereka dan segera menempati pasar sementara di Alun-alun Utara. Dinas Perdagangan Kota Suraka memberikan tenggat bagi pedagang hingga 19 September. Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagiyo, Pasar Klewer sisi Timur dipastikan dibangun karena anggarannya sudah tersedia.

Permintaan agar pedagang segera pindah ke pasar sementara itu layangkan melalui Surat EdaranNo 511.2/2.250/IX/2017 yang diteken Kepala Dinas Perdagangan. Disebutkan untuk menempati lokasi pasar sementara, pedagang tidak dikenai pungutan biaya apapun. “Hanya nanti ketika sudah menempati kewajiban membayar retribusi pelayanan dan retribusi kebersihan tetap berlaku,” kata Subagiyo.

Pedagang memiliki waktu sepekan untuk memindah barang dagangannya. Subagiyo mengatakan setelah kosong, bangunan Pasar Klewer Timur akan segera dibongkar. Dia menarget pembongkaran bekas bangunan tersebut selesai 4 Oktober. Dengan demikian, sepekan kemudian pembangunan proyek  senilai Rp 48  miliar tersebut bisa dimulai. “Ancar-ancarnya tanggal 8 Oktober sudah dibangun,” ujarnya.

Rencananya Pasar Klewer sisi timur akan dibangun dua lantai, yakni lantai basement dan lantai dasar. Beberapa waktu lalu, Subagio mengatakan pembangunan Pasar Klewer sebelah timur yang kini ditempati 446 pedagang itu akan dibangun ke bawah. Antara bangunan di sebelah timur dengan Pasar Klewer utama tersambung baik di lantai basement maupun lantai dasar.

Pemerintah Kota Surakarta semula akan membangun pasar tersebut dengan menggunakan dana CSR ketika permohonan bantuan anggaran ke  pemerintah pusat tidak juga direspon Namun belakangan Kementerian Perdagangan bersedia membiayainya sebagai anggaran tugas perbantuan. “Sangat berat, tetapi mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu yakni 31 Desember,” ujarnya.

Turunnya dana revitalisasi Pasar Klewer Timur dari pemerintah pusat senilai Rp 48 miliar cair di masa-masa tahun angaran ini diakui Subagiyo membuat pihaknya kerepotan. Dinas Perdagangan hanya memiliki waktu kurang dari empat bulan untuk menyelesaikan pembangunannya. “Kita kebut proses lelangnya agar segera diketahui pemenangnya,” katanya.

Subagiyo mengatakan proses revitalisasi Pasar Klewer Timur itu idealnya dikerjakan minimal enam bulan. Pemerintah Kota Surakarta sempat meminta agar penggunaan anggaran pembangunan Pasar Klewer Timur dilakukan dengan mekanisme tahun jamak (multiyears). Namun Kementerian Perdagangan menolak dengan alasan anggaran yang digunakan untuk membangun pasar tersebut adalah anggaran untuk tugas perbantuan.

“Kita coba untuk memberikan penjelasan alasan-alasan kenapa harus multiyears. Kalau dilelang sekarang, saya tidak yakin ada rekanan yang berani menawar karena beresiko dengan waktunya yang terbatas,” tambah Wali Kota FX Hadi Rudyatmo.

Meski tidak diperbolehkan, Wali Kota Rudyatmo masing mengupakan pembangunan dilakukan secara multi years. Wali kota berjanji akan segera menemui Menteri Perdagangan Enggarsito Hartarto. Menurut dia, keterlambatan kepastian turunnya dana revitalisasi Pasar Klewer Timur itu membuat jadwal yang direncanakan menjadi berubah. “Kalau dulu usulan untuk menggunakan dana CSR BUMN dipenuhi, akan lebih mudah karena penggunaan dana CSR tidak terikat tahun anggaran,” ujarnya. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta