Pemerintah Kota Surakarta
Surakarta Miliki Galeri Sungai
  December 7, 2017 13:20

 

Kota Surakarta bakal memiliki Galeri Sungai yang dibangun di bekas bangunan Pintu Air Tirtonadi, Gilingan. Galeri yang diberi nama Papan Kawruh Tirto ini bakal difungsikan sebagai tempat pembelajaran mengenai sungai. Galeri yang memiliki dua lantai ini menyediakan berbagai informasi seperti lokasi sungai-sungai di Surakarta, lengkap mulai dari muara hingga hilir dan daerah-daerah yang dilalui.

“Tinggal menunggu  jadwal peresmian. Mudah-mudahan November bisa diresmikan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Surakarta, Endah Sitaresmi Suryandari, Jumat (27/10/2017).

Pembangunan Galeri Seni Papan Kawruh Tirta tersebut dilakukan bersamaan dengan penataan kawasan dan embung Tirtonadi. Dikerjakan selama dua tahun, dengan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar. Pada tahun 2016, alokasi anggaran sebesar Rp 1,5 miliar digunakan untuk  pembangunan struktur bangunan dan tahun 2017 ini tahap finalisasi. “Nanti untuk operasionalisasi galeri kita akan kerjasama dengan UNS dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo,” kata Sitaresmi.

Menurut Sitaresmi, galeri tersebut bukan museum tetapi lebih sebagai ruang terbuka yang disediakan bagi masyarakat. Pengelola juga bakal melengkapi dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sungai.  “’Nanti semua warga bisa datang dan berinteraksi di sana,” tukas Sita.

Bangunan Galeri Sungai terlihat unik. Dindingnya hampir semuanya kaca. Tetapi bukan kaca bening, melainkan kaca yang memiliki warna-warna cerah. Galeri akan semakin terlihat indah saat malam hari. Karena perpedaran lampu dari dalam membuat galeri menjadi begitu ragam warnanya.

Kepala Bidang Cipta Karya DPU PR Surakarta, Taufan Basuki mengatakan pihaknya juga menggandeng Dinas Pariwisata untuk mempromosikan galeri tersebut. Galeri Sungai memvisualkan tata letak sungai dan potensi-potensi sungai, diharapkan akan semakin mendekatkan dan mengakrabkan masyarakat dengan sungai. “Sehingga masyarakat benar-benar menjaga sungai, bukan malah menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah,” kata dia.

Selain berisi informasi mengenai sungai, galeri juga akan menyediakan peta letak, serta potensi sungai. Tak hanya itu Pemerintah Kota Surakarta juga membangun pos pemantau sungai di lokasi tersebut. Pembangunan galeri sungai, menurut Sita, dikerjakan dengan memanfaatkan bangunan di depan terminal yang kondisinya mangkrak. “Jadi ini sejalan dengan proyek penataan kawasan Tirtonadi, serta pembangunan embung karet Tirtonadi yang dikerjakan BBWSBS,” katanya.

Taufan Basuki, mengatakan pembangunan galeri sungai merupakan langkah tepat bagi Pemkot untuk memanfaatkan bangunan yang bertahun-tahun dibiarkan mangkrak. Bangunan ini jelas merusak keindahan Kota Solo, sehingga Pemkot perlu mempercantik kawasan depan Terminal Tirtonadi. “Galeri sungai ini selaras dengan penataan terminal. Terminal sudah dibangun bagus, masak depannya masih ada bangunan yang mangkrak. Jadi mending kita manfaatkan,” katanya.

Selain membangun galeri sungai, juga akan menata ulang Taman Tirtonadi. Taman tersebut bakal dipercantik, kemudian akan dibangun jembatan gantung di sana. Sementara bangunan di bantaran Kali Anyar juga akan direlokasi. Relokasi terkait rencana pembangunan embung karet Tirtonadi. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta