Pemerintah Kota Surakarta
Dinas Perhubungan Kota Surakarta Luncurkan Derek Gratis
  February 5, 2018 17:21

Ada yang berbeda pada acara apel pagi di pendhapi Balai Kota Surakarta, Senin (5/2/2018) pagi. Selain terlihat para PNS Balai Kota yang telah berbaris rapi mengikuti jalannya apel, terlihat juga beberapa kendaraan milik Dinas Perhubungan Kota Surakarta terparkir didepan Pendhapi Gede Balai Kota. Diantaranya adalah dua buah bus dan sebuah truk derek. Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo bahkan sempat terlihat mencoba mengendarai salah satu dari kendaraan tersebut.

Ternyata hari ini Dinas Perhubungan (Dishub) Solo membuka layanan derek gratis bagi masyarakat di Solo. Layanan ini dirilis bersamaan dengan penyerahan bus Batik Solo Trans (BST) untuk operasional koridor 3, pembagian operasional feeder BST baru, sekaligus launching bus Gatotkaca di Pendhapi Gede Balai Kota Solo, Senin (5/2/2018).

“Setelah launching, layanan derek gratis ini bisa langsung diakses masyarakat. Penyediaan layanan ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kota Surakarta selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Henry Satya Negara, Kasi Parkir Umum dan Khusus Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Henry juga menambahkan, “syarat yang harus dilengkapi masyarakat jika ingin memanfaatkan layanan derek, yakni harus menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika pemohon sanggup menunjukkan STNK, mobil akan langsung diderek dan dipindahkan ke lokasi yang diajukan pemohon dan atau perwakilan dari pemohon. Petugas Dinas Perhubungan lantas akan menyerahkan kendaraan yang diderek kepada pemohon dan atau perwakilan pemohon dengan menandatangani surat tanda terima.”

Kabid Perparkiran Dishub Solo, M. Usman mengatakan “Dishub kini telah menyusun standar operasional prosedur (SOP) layanan derek gratis dengan cara penderekan dan dipindah atas dasar permohonan.” Dia juga menambahkan “Dishub bakal siap menerima permohonan layanan derek dari masyarakat asal lokasinya tidak menganggu kelancaran lalu lintas dan berada di wilayah administrasi Kota Solo.”

Usman menyebutkan “saat ini jajarannya baru memiliki satu unit mobil derek. Sebelumnya kendaraan itu hanya dipakai untuk fungsi penataan, yakni menarik mobil yang kedapatan dalam posisi melanggar aturan sehingga harus digembok dan kemudian diderek untuk dipindah. Tapi sekarang mobil derek kami gunakan untuk dua fungsi, yakni penataan dan pelayanan kepada masyarakat. Kami sekarang siap menderek mobil yang mogok,”

“Kami coba memberikan layanan derek gratis dengan satu mobil dulu. Jika minat dari  masyarakat tinggi, akan kami upayakan adanya tambahan mobil derek. Kami berharap masyarakat bisa terbantu dengan program layanan derek gratis ini,” imbuhnya.

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas derek gratis, masyarakat Kota Solo atau pemohon hanya perlu menghubungi call center 08 222 10000 59. Layanan tersebut disiagakan selama  24 jam.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta