Pemerintah Kota Surakarta
57 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Klewer
  February 13, 2018 20:09

Suasana pendapi kantor Wali Kota mulai sibuk, terlihat jajaran ASN, dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta mulai memasuki ruangan kantor Wali Kota Surakarta. Tepat pukul 13.30 WIB nampak Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo memasuki ruangannya. Pada hari ini Selasa (13/02) diagendakan rapat pembahasan rencana revitalisasi Pasar Klewer sebelah timur. Rapat sendiri berjalan sampai pukul 17.30 sore ini. Terlihat pula beberapa wartawan telah menunggu di luar ruangan Wali Kota untuk menerima kabar baik mengenai hasil rapat pada sore hari ini.

Diketahui bahwa saat ini Pemerintah Kota Surakarta telah melakukan pembongkaran gedung Pasar Klewer di sebelah timur. Pembongkaran dilakukan menyusul rencana Pemerintah Kota Solo untuk memperbaiki pasar tersebut. Sementara itu untuk saat ini para pedagang pasar Klewer sebelah timur telah dipindahkan ke alun-alun utara Keraton Surakarta Hadiningrat hingga perbaikan pasar selesai

Wali kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat ditemui di ruangannya mengatakan bahwa pembangunan pasar ini merupakah salah satu proyek strategis nasional. “Untuk anggaran pembangunan pasar ini diperkirakan mencapai angka 57 miliar dan sudah disetujui oleh Menteri Perdagangan, tinggal nanti diajukan ke Kementerian Keuangan”, kata Wali Kota.
Sedangkan untuk lelang pembangunannnya akan menunggu pemaparan DED (detail enginering design).
Saat ditanya soal kepastian angka 57 milliar itu beliau mengatakan paling tidak akhir Februari sudah ada kabar. “Syukur-syukur nanti sebelum itu, kalau untuk DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) paling tidak ya bulan maret”, tambah FX. Rudy.

Sementara itu di ruang Wali Kota, selasa (13/02) Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Subagiyo menjelaskan kenapa ada kenaikan anggaran yang semula dianggarkan 48 milliar pada tahun 2015 menjadi 57 milliar pada tahun 2018.
“Pada saat itu baru dilakukan hitung-hitungan secara umum saja, belum sampai ke aspek yang sangat mendetail, namun setelah dievaluasi dan disesuaikan dengan angka inflasi serta perubahan harga dan upah, serta munculnya usulan untuk memperbaiki kekurangan di gedung Pasar Klewer sebelah barat, maka ketemunya di angka 57 milliar”, tutur Subagiyo.

Subagiyo menambahkan, angka 57 miliar ini sudah disetujui Wali Kota dan Menteri Perdagangan, tinggal nanti diajukan ke Menteri Keuangan saja”. “Jika 57 milliar ini nantinya tidak hanya untuk membangun gedung pasar Klewer sebelah timur saja, tapi juga untuk memperbaiki ramp (jalan untuk keluar masuknya mobil) di parkiran gedung pasar Klewer sebelah barat, serta untuk memindahkan 19 kios yang ada disisi utara pasar Klewer yang ternyata letaknya berada di tanah milik Masjid Agung, itu nanti harus dikembalikan”, jelas Subagiyo lagi.
Untuk durasi pengerjaan pembangunan Pasar Klewer ini direncanakan akan memakan waktu selama 7 bulan dan bisa dimulai setelah DIPA turun serta telah dilakukan proses lelang.

Sementara untuk nasib pedagang atau pemilik kios yang berada di sebelah utara pasar Klewer, nantinya para pedagang yang berada di 19 kios tersebut akan direlokasi dan dibarengkan di pasar yang baru atau bisa menempati kios dilantai dua gedung sebelah barat, di sana ada sekitar 28 kios yang siap.
(Hdr)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta