Pemerintah Kota Surakarta
“Jangan Melupakan Akar”
  February 16, 2018 13:49

Kamis (02/15) pagi, suasana di depan gedung Wali Kota Surakarta terlihat mulai sibuk, satu persatu pejabat di Kota Surakarta mulai memasuki halaman Balai Kota Surakarta, nampak diantaranya yang sudah hadir memasuki ruang Wali Kota pada pagi hari itu adalah Waka Polresta Surakarta AKBP Andy Rifai, Dandim 0735 Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan, Komandan Brigif Mekanis 6 Kostrad Letkol Inf Rudy Saladin, juga Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Dwi Tomo. Sedangkan Sekertaris Daerah Surakarta, Budi Yulistianto sudah siap berada di dalam gedung Wali Kota, menyambut mereka.

Pada pukul 7.45 WIB seluruh rombongan keluar dari ruangan bersama Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, terlihat Pak Wali berjalan di depan diikuti seluruh rombongan. Sementara itu di depan Pendapi Balai Kota telah terparkir tiga buah bus SBT (Solo Batik Trans) dan satu bis milik Pemkot yang berada di urutan nomor satu, bus-bus ini akan digunakan oleh Pak Wali dan juga para rombongan dari Balai Kota, Pak Wali beserta pejabat-pejabat terkait terlihat menaiki bus milik Pemkot Surakarta.

Hari ini rombongan Pemkot Surakarta dijadwalkan melakukan kegiatan ziarah ke makam-makam leluhur Kota Solo, diantaranya Makam Ki Gede Sala, Makam Ki Ageng Henis dan Makam Ki Yosodipuro. Mendapat pengawalan dari Satlantas Kota Surakarta dan juga Dinas Perhubungan Kota Surakarta, iring-iringan rombongan  mengarahkan tujuan pertamanya ke Makam  Ki Gede Sala yang berada di daerah Mloyosuman, Baluwarti.

Tepat pukul 08.00 rombongan tiba di daerah Mloyosuman, terlihat beberapa ASN dari Pemkot Surakarta dan juga pengurus Ndalem Mloyosuman sudah hadir untuk memberikan sambutan kepada rombongan. Tidak lama, kurang lebih hanya 15 menit berada di Mloyosuman, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Makam Ki Ageng Henis, yang terletak di daerah Laweyan. Setelah memanjatkan doa dan menaburkan bunga, rombongan pun segera meninggalkan lokasi pemakaman dan melanjutkan ke lokasi terakhir, yakni Makam Ki Yosodipuro.

Untuk lokasi yang terakhir tempatnya berada diluar Kota Solo yakni di daerah Pengging, Boyolali. Sesampainya di lokasi, rombongan langsung memasuki komplek makam Ki Yosodipuro. Dengan beralaskan karpet, Wali Kota dan juga semua jajaran yang hadir duduk bersama untuk memanjatkan doa yang dipimpin oleh juru kunci Makam Ki Yosodipuro.

Rudy mengatakan, ziarah ke Makam Ki Gede Sala dan yang lainnya sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa kepada Kota Solo.”Kita nyekar (ziarah) ke tokoh-tokoh Kota Solo, yang telah mendirikan Kota Solo,” ungkapnya. Setelah selesai, rombongan tidak langsung meninggalkan lokasi, seluruh rombongan diajak dahulu bersantap siang disalah satu warung yang berada disana. Nampak seluruh rombongan menikmati hidangan yang telah disediakan. Setelah selesai jamuan makan, akhirnya seluruh rombongan kembali, disertai dengan hujan yang mulai turun rintik-rintik.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta