Pemerintah Kota Surakarta
Langganan Banjir, Warga Manahan Siap Direlokasi
  January 23, 2018 13:11

Pemerintah Kota Surakarta menargetkan Program relokasi warga bantaran Kali Anyar dan Kali Pepe yang terdampak proyek penanganan banjir di Kota Solo bagian utara, selesai paling lambat bulan Mei mendatang. Saat ini Pemkot Surakarta sedang bekerja keras untuk membersihkan bantaran dari hunian untuk mengejar waktu agar sesuai dengan program yang telah disusun.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KKP) Surakarta, Agus Djoko Witiarso pada hari Selasa (23/01) menjelaskan, berdasar data Pemkot Surakarta, program relokasi bantaran Kali Anyar dan Kali Pepe tersebar di tiga wilayah, meliputi Kelurahan Manahan, Gandekan dan Nusukan. Ia mengatakan, “Komunikasi antar daerah hingga kini masih dilakukan Pemkot Surakarta dengan Pemkab Sukoharjo.”

Program Relokasi 106 KK warga Manahan ini masuk proyek paket III pengendalian banjir. Tak hanya Manahan, paket ini juga mencakup relokasi  272 bangunan tanah negara di Kelurahan Nusukan serta 1.860 unit makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Puteri Cempo. Anggaran untuk relokasi warga perlu Rp 15,6 miliar.

Rencananya, warga Manahan akan direlokasi ke Desa Jatikuwung, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, namun rencana ini urung dilaksanakan karena terbentur regulasi pemerintah setempat. Warga bantaran Kali Anyar wilayah Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, yang terdampak proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3 (Kali Pepe Hulu) akhirnya menemukan lahan relokasi di Desa Tepisari, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Lurah Manahan, Irianto pada Selasa (02/01) yang lalu mengatakan warga dipindah ke Tepisari karena harga tanah disana cocok. Artinya, warga bisa membeli tanah dengan luasan yang ideal untuk mendirikan rumah hanya dengan menggunakan dana bantuan sosial relokasi dari Pemkot senilai Rp34,2 juta per bangunan. ”Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan warga ingin pindah ke Tepisari, karena sikap warga setempat begitu terbuka atau mau menerima dengan baik”, imbuhnya.

“Ratusan warga tersebut tidak akan dipindah dalam satu kawasan, melainkan empat kawasan terpisah di wilayah Tepisari”, terang Irianto. Sementara itu Sekretaris Pokja Relokasi Manahan, Tumino menambahkan, “Pembagian warga bantaran Kali Anyar wilayah Manahan di Tepisari, yakni 40 keluarga menempati lahan di Dukuh Karangale (depan Balai Desa Tepisari), 17 keluarga menempati lahan di Dukuh Karangale (belakang SDN Tepisari), 31 keluarga menempati lahan di Dukuh Manisarjo (belakang PAUD Tepisari), dan 18 keluarga menempati lahan di Dukuh Bener (tengah Desa Tepisari).

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta