Pemerintah Kota Surakarta
Ini Perubahan Rute Saat Acara Haul di Pasar Kliwon
  January 6, 2018 13:16

Tahun ini Masjid Ar Riyadh yang terletak di jalan Kapten Mulyadi kembali menggelar acara  Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi yang diperingati setiap 20-21 Rabiul Akhir tahun Hijriah. Acara memperingati hari meninggalnya sang ulama asal Yaman tersebut selalu dibanjiri ribuan peziarah dari pelosok negeri dan juga tokoh dari berbagai belahan dunia. Tahun ini, haul Habib Ali dilaksanakan Senin-Selasa (8-9/1). Berbagai persiapan sudah dilakukan pihak-pihak terkait untuk menyambut momen tahunan tersebut.

Salah satunya adalah Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang berencana akan melakukan Manjemen Rekayasa Lalu Lintas pada saat acara ini berlangsung.  Dalam skema yang dibuat, sepanjang Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, akan ditutup selama tiga hari, terhitung mulai Minggu (7/1) pukul 14.00 WIB hingga Selasa (9/1) pukul 10.00 WIB. Penutupan jalan dilakukan untuk menghindari kemacetan.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Ari Wibowo, Sabtu (06/01), mengatakan Dishub bakal menutup Jl. Kapten Mulyadi ruas Perempatan Sangkrah – Perempatan Baturono selama tiga hari berturut-turut seperti usulan panitia atau penyelenggara Haul Habib Ali. Tujuannya, agar dapat menampung jamaah yang hadir pada acara tersebut, mengingat acara ini selalu dihadiri ribuan orang.

Ari menjelaskan, nanti skemanya untuk pengaturan lalu-lintas, kendaraan dari arah utara akan dialihkan di Lojiwetan melewati Jalan Mayor Kusmanto, lalu belok kiri ke Jalan Jendral Sudirman, kemudian belok kanan melewati Jalan Slamet Riyadi yang diberlakukan contraflow. Selanjutnya di simpang Nonongan, kendaraan bisa melintas ke selatan melewati Jalan Yos Sudarso. Di Jl. Yos Sudarso, kendaraan yang menuju ke Sukoharjo dan Wonogiri tinggal melaju lurus ke selatan.

“Di simpang Nonongan (Jalan Ahmad Dahlan) hanya diberlakukan satu arah ke utara untuk mengurangi crossing. Lalu simpang Coyudan kita tutup. Pengemudi bisa berputar dulu ke selatan,” imbuh Ari. Sementara itu arus lalu lintas dari arah selatan, tidak ada pengaturan yang signifikan. Pengemudi dapat melintas ke utara lewat Jalan Yos Sudarso ataupun Jalan Gatot Subroto.

Mengenai parkir, Dishub menyediakan beberapa lahan. Antara lain di Alun-alun Kidul (selatan), sebagian Alun-alun Lor (utara), Benteng Vastenburg dan taman parkir Mayor Kusmanto. “Untuk kendaraan yang hanya mengantar jemput bisa menurunkan penumpang di dekat lokasi dan memarkir kendaraannya di Manahan atau Pedaringan,” tutur Ari.

Ari meminta masyarakat memaklumi,   terkait penerapan rekayasa lalu lintas selama penyelengaraan acara tahunan ini. Dia menyebut Dishub bakal memasang rampu petunjuk arah dan barikade untuk membantu para pengendara menemukan jalan yang tepat saat tidak bisa masuk Jl. Kapten Mulyadi. “Kami ingatkan kepada masyarakat Solo akan terjadi kepadatan di titik-titik tertentu, sebaiknya jika tidak ada kepentingan hindari melewati jalan tersebut,” tutupnya.​

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta