Sukses, Solo Great Sale 2018 Ditutup

SAMBUTAN WALIKOTA--Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo memberikan sambutan saat acara Closing Ceremony Solo Great Sale 2018 di Pendapi Gede Balaikota Surakarta, Rabu (28/2/2018) malam.

Siang berganti petang suasana perkantoran di Balai Kota Surakarta pun makin lengang. Berbeda halnya di seputar pelataran pendapi Balai Kota, di pintu masuk pendapi, terlihat Putera Puteri Solo sudah berdiri menanti, bersiap menyambut para tamu undangan malam hari ini. Sementara itu, empat buah layar besar telah disiapkan, pun deretan tenda-tenda yang telah berdiri rapi yang dibawahnya nampak para pedagang sibuk menjajakan barang dagangannya. Waktu menunjukkan pukul 19.30 WIB, warga kota semakin berdatangan memenuhi pelataran, baik perorangan maupun bersama rombongan. Mereka ingin menyaksikan acara yang sebentar lagi akan dilaksanakan di pendapi Balai Kota.

Setelah digelar selama satu bulan penuh pada Februari lalu, akhirnya gelaran Solo Great Sale (SGS) 2018 resmi ditutup. Bertempat di Pendapi Balai Kota, Rabu (28/02), panitia SGS 2018 menggelar acara dengan tajuk Clossing Ceremony Solo Great Sale 2018. Acara dibuka dengan pertunjukan “Tari Greget Sari” yang dipersembahkan oleh Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, selain itu juga ada penampilan musik keroncong oleh “Congwaydut”.

Selain Wali Kota Surakarta dan Wakil Wali Kota Surakarta beserta jajaran, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pariwisata, perwakilan PLT Gubernur Jawa Tengah, Ketua Kadin, Muspida Kota Surakarta dan perwakilan Bank Indonesia. Dalam sambutannya, Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo, mengucapkan selamat kepada panitia Solo Great Sale 2018 karena telah berhasil mencapai bahkan melampaui target yang telah ditetapkan. “Solo Great Sale ini setiap tahun yang menikmati bukan panitia, Pemerintah Kota Surakarta justru memberikan keringan pajak sekitar 30 persen bagi hotel restaurant dan lain-lain yang mengikuti event ini, itu kalau dijumlahkan bisa bermiliar-miliar,” lanjut Rudy. Dia  berharap tahun depan targetnya akan semakin besar.

PLT Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah M. Arif Sambodo, mengucapkan selamat kepada Pemkot Surakarta dan masyarakat Kota Solo karena acara SGS 2018 bisa berjalan dengan sukses. “Segera lakukan evaluasi atas acara tahunan ini agar pada penyelenggaraan SGS tahun berikutnya hasilnya semakin baik dan meningkat, terutama wisatawan yang berkunjung,” lanjutnya.

Pada acara Clossing Ceremony SGS 2018 juga dilakukan pengundian hadiah, adapun hadiah utamanya adalah 1 unit rumah, 1 unit mobil, 5 unit sepeda motor, 10 sepeda gunung dan puluhan produk elektronik. Pengundian hadiah utama berupa 1 unit rumah dan 1 unit mobil, langsung dilakukan sendiri oleh Wali Kota Surakarta.

Sebelumnya, Ketua Panitia SGS 2018 yang juga Ketua Kadin Surakarta, Haryanto S Gareng mengatakan, penyelenggaraan SGS 2018 memiliki target untuk melibatkan sekitar 5000 tenant. Namun pada realisasinya hingga acara ini berakhir, jumlah tenant yang terlibat mencapai 5631 tenant, yang terdiri dari mall, supermarket, pusat perbelanjaan, maskapai penerbangan, kereta api, tour and travel, hotel dan restaurant, industri kreatif, otomotif, toko olahraga, komputer, elektronik, mebel, fashion, batik, oleh-oleh, pusat kuliner, dan yang berbeda adalah diikutkannya 44 pasar tradisional di Kota Solo pada acara SGS 2018.

Gareng menambahkan, untuk distribusi kartu SGS 2018 panitia memiliki target sekitar 40.000 buah kartu, sedangkan realisasi di lapangan berhasil mencapai 49.829 kartu yang sudah disebarkan kepada konsumen. Sementara untuk target transaksi, sebagai perbandingan pada tahun 2017 lalu, panitia memiliki target sebesar Rp145miliar, namun pada realisasinya dapat mencapai angka Rp245miliar.

Di tahun 2018 ini, panitia SGS menargetkan tarnsaksi dapat mencapai angka Rp425miliar, namun malam tadi hingga pukul 20.00 WIB, transaksi tercatat sudah mencapai angka lebih dari Rp533miliar. “Ini berkat kerja sama semua tim dan juga ada dinas dinas yang terkait ada dinas pariwisata dinas perdagangan koperasi juga budaya dan perindustrian,” tutup Gareng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This