Pemerintah Kota Surakarta
Patung Soekarno, Tempat Instagrammable di Kota Solo
  March 2, 2018 18:47

Warna-warni lampu air mancur Patung Soekarno Manahan mewarnai kota Solo. Bagi para pelancong yang sedang berlibur ke solo, wajib untuk dating ke tempat ini. Patung Soekarno ini sangat cocok digunakan untuk spot self image (selfie) di Kota Bengawan. Sebagai salah satu destinasi wisata baru di Kota Solo, patung ini juga dilengkapi penataan lighting, air mancur, dan lain sebagainya.

Patung yang menghabiskan total 6,6 M ini terbuat dari perunggu dengan tinggi kurang lebih 3 meter. Desain Patung Presiden pertama Indonesia ini dalam posisi duduk sambil membaca buku. Filosofi dari patung ini sebagai penghormatan atas jasa Bapak Proklamator, Soekarno, agar masyarakat solo selalu tidak melupakan sejarah seperti kata – kata Soekarno “jasmerah” (jangan sekali-kali melupakan sejarah).

Bapak Walikota, FX. Hadi Rudyatmo, mengatakan bahwa patung bukan symbol yang mengkultuskan Sukarno. Tapi patung tersebut menggambarkan Sang Proklamator saat membaca buku untuk menggali ilmu pengetahuan sebelum Pancasila dicetuskan. Selain itu, Pak Rudi juga berharap dengan adanya patung ini menjadi inspirasi generasi muda membawa bangsa Indonesia kearah yang lebih baik.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta